Peduli, UPZ Kankemenag Purbalingga Tasharufkan Santunan Untuk Warga Miskin Penderita Kanker Stadium IV

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purbalingga – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Purbalingga menyambangi rumah penderita kanker payudara stadium IV, Turwati warga Rt. 6 RW. 2 Desa Sangkanayu kecamatan Mrebet, Senin (4/9/2023). Kehadiran Tim UPZ sekaligus Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Mohammad Nur Hidayat didampingi oleh Nur Taufik disambut hangat oleh pihak keluarga Turwati dan Kepala Desa Sangkanayu, Ali.

Dalam kesempatan tersebut Hidayat menyampaikan kepada pihak keluarga Turwati bahwa pentasharufan santunan ini bentuk kepedulian Kankemenag Kabupaten Purbalingga, untuk saling membantu.

“Semoga dapat meringankan keluarga Ibu Turwati dan segera sembuh dari penyakitnya”, katanya.

Kepala Desa mewakili pihak keluarga Turwati mengucapkan terima kasih atas bantuan dari UPZ Kankemenag Purbalingga.

Saat Tim UPZ hadir, Turwati sedang menjalani kemoterapi di RSUD Margono Soekarjo Banyumas. Sedangkan sakit yang diderita Turwati tahun 2021 lalu.

Menurut penjelasan keluarga , ia tidak langsung melakukan pengobatan secara medis ke dokter. Dia sempat menjalani pengobatan herbal alternatif dengan meminum jamu herbal. Namun, tidak menunjukan perkembangan yang baik.

Karena kondisi yang semakin memburuk, akhirnya keluarga membawa berobat ke Puskesmas. Puskesmas memberikan rujukan untuk klien, agar menjalani pengobatan di RSUD Goeteng Taroenadibrata Kabupaten Purbalingga.

Di RSUD Goeteng, dia sempat menjalani serangkaian pemeriksaan kemudian dari hasil pemerikasaan tersebut, di rujuk ke RS Dadi Keluarga.

Pada bulan Oktober 2022, Turwati di rujuk ke RSUD Margono Soekarjo Banyumas. Hingga saat ini, klien harus menjalani rangkaian perawatan kesehatan seperti kemoterapi secara rutin di RSUD Margono Soekarjo Banyumas.

Saat masih sehat, wanita berusia 43 tahun ini membantu perekonomian keluarga dengan bekerja di plasma bulu mata rumahan. Suaminya, Kiatno bekerja sebagai penderes nila kelapa.

Ia memiliki dua orang anak berumur 19 dan 11 tahun. Anak pertamanya terpaksa pulang dari Pondok Pesantren di Magelang untuk merawat Sang Ibu.

Menurut Kepala Desa Ali, Keluarga mereka sudah ada memiliki KIS JK, terdaftar bantuan sosial lainnya juga.

“Cuma untuk rutin pemeriksaan, mereka mempunyai kendala biaya operasional, seperti transportasi,” tuturnya.

Saat berita ini diluncurkan, dari Kemensos sudah turun tangan untuk membantu Turwati.

“Diantaranya bantuan vokasional (pelatihan kerja) bagi anak pertama klien, agar mampu mandiri secara ekonomi dan dapat membantu keluarganya”, jelas Ali.

Meskipun fasilitas jaminan kesehatan dari Pemerintah sudah ada, hasil assessment Kemensos juga sudah di respon. Namun tidak menutup kemungkinan, untuk para dermawan turut memberikan bantuan.

Kunjungan diakhiri dengan doa bersama untuk kesembuhan Turwati dipimpin oleh Hidayat.

Donasi dapat menghubungi UPZ Kankemenag Kabupaten Purbalingga pada nomor WhatsApp 0812-1560-9037 ( Mohammad Nur Hidayat).

Kunjungan diakhiri dengan doa bersama untuk kesembuhan Turwati dipimpin oleh Hidayat.*sl/bd