Pengumuman Pemenang MQKN Tingkat Nasional Tahun 2023 Resmi Dirilis, Ini Hasilnya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Lamongan
(Humas) – Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) Tingkat Nasional tahun 2023 telah selesai digelar, dari 10 Juli 2023 hingga Ahad 16 Juli 2023 lalu. Pelaksanaan kegiatan Musabaqoh di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Drajat, Lamongan Jawa Timur, dengan Marhalah Ula, Wustha dan Ulya.
Pengumuman hasil juara MQKN 2023 Tingkat Nasional di sampaikan hari Minggu malam, 16/07 di panggung utama perhelatan Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) Tingkat Nasional tahun 2023, juga disiarkan secara langsung di website Kemenag RI.
Dalam sambutan pembuka Direktur PD Pontren Prof. Dr. H. Waryono Abdul Ghafur menitipkan pesan kepada semua untuk mengabarkan kepada dunia bahwa santri Indonesia konsisten menekuni karya-karya ulama.
“Sampaikan kepada dunia bahwa santri Indonesia itu santri moderat, dan bahwa pesantren itu anti kekerasan,” pesan Waryono.
Sekertaris Dewan Hakim MQKN Tingkat Nasional tahun 2023, KH. Ahmad Rusdi membacakan pengumuman pemenang MQKN Tingkat Nasional tahun 2023.
Untuk diketahui, Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) merupakan jenis lomba yang bertujuan untuk menggali kemampuan Santri dalam membaca, menerjemahkan dan memahami Kitab Kuning yang terbagi ke dalam 3 (tiga) Marhalah, yaitu Marhalah Ula, Marhalah Wustha, Marhalah Ulya dengan kategori peserta perorangan (Putra dan Putri).
Kepala Bidang PD. Pontren Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Muhtasit menyampaikan ucapan terimakasih atas semua bimbinganya asatidz asatidzah Provinsi Jawa Tengah.
“Kita sudah melakukan usaha besar, pengorbanan dan kekuatan doa untuk mewujudkan impian bersama. Musabaqoh ini bukan sekedar persaingan, tapi bagaimana kita menggali potensi santri-santri untuk belajar dan memahami Kitab Kuning. Terimakasih kawan-kawan,” ucap Muhtasit.(Sua/Rf)