Luar Biasa! MQKN 2023 Kafilah Jateng Raih Juara Umum

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Lamongan (Humas) – Kafilah MQK Jawa Tengah merebut Juara Umum dalam Musabaqah Qira’atil Kutub  Nasional (MQKN) yang di Gelar mulai tanggal 10 s.d 16 Juli 2023 di di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Drajat, Lamongan Jawa Timur.

Dengan perolehan Juara Satu  sejumlah 21, Juara Dua sejumlah 3, Juara Tiga Sejumlah 9 dan Juara harapan sejumlah 7. Total keseluruhan ada 40 juara.

Tropi di serahkan oleh Dirjen Pendis Kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani dan diterima langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad usai penyerahan tropi, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya kompetisi tersebut. Menurutnya, ini menjadi sebuah wadah untuk para santri  Indonesia khususnya Jateng dalam mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan serta menjadi tolak ukur pesantren di Jateng semakin berprestasi.

“Alhamdulilah Jateng bisa menjadi juara umum, sesuai dengan apa yang kita targetkan. Sangat bersyukur dengan hasil yang diperoleh, ini merupakan bukti nyata bahwa kekompakkan, serta semangat para santri dalam menekuni ilmu dibidangnya masing-masing. Terimakasih untuk seluruh pihak yang telah mendukung, termasuk para pendamping kafilah. Sukses terus untuk pesantren – pesantren di Jateng,” kata Musta’in.

MQKN merupakan jenis lomba yang bertujuan untuk menggali kemampuan Santri dalam membaca, menerjemahkan dan memahami Kitab Kuning. Jenis lomba yang digelar dalam acara MQKN 2023 tersebut antara lain; Musabaqah Qira’atil Kutub, Debat Bahasa Arab dan Inggris, Bahtsul Kutub, Debat Qanun hingga Lalaran Nadhom. Lomba ini terbagi ke dalam tiga Marhalah, yaitu Marhalah Ula, Marhalah Wustha, Marhalah Ulya dengan kategori peserta perorangan (putra dan putri).

Peserta yang mengikuti lomba tersebut adalah para santri pesantren dan mahasantri Ma’had Aly dari seluruh Provinsi di Indonesia. (D/Rf)