Penilaian Tengah Semester Berbasis CBT E-Learning di MAN 2 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) peserta didik kelas sepuluh dan sebelas MAN 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2021/2022 menggunakan CBT E-learning terpantau lancar pada hari ke tiga, Rabu (9/3).

“Era digital ini kita latih para siswa untuk tanggap teknologi. Apalagi Kemenag sudah punya aplikasi e-learning. Kita manfaatkan dengan baik untuk PTS. Sekarang hari ketiga pelaksanaan, alhamdulillah semuanya lancer,” ungkap Ridlo Pramono, Kepala Madrasah. 

Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Ambar Tri Setyo Yuwono mengungkapkan bahwa pelaksanaan PTS di masa pandemi ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi yang memang direkomendasikan oleh Kemenag.

“PTS tahun ini menggunakan CBT E-Learning. Aplikasi milik Kemenag. Tidak lagi menggunakan google form atau aplikasi penilaian lainnya,” ungkapnya.

Siswa mengerjakan PTS secara online di rumah masing-masing. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan wali murid untuk melakukan pendampingan. “Wali kelas menjalin komunikasi dengan orang tua wali murid sehingga kegiatan PTS di rumah diikuti dengan sungguh-sungguh oleh para siswa. Bukti pendampingan wali murid adalah dengan dibubuhkannya tanda tangan di kartu PTS,” jelas Lili Maenani selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Sempat mengalami kendala di hari pertama, panitia PTS sigap mengatasinya. “Hari pertama PTS sempat terkendala. Servernya down, karena mungkin banyak yang mengakses. Jadi untuk kelas sepuluh jadwalnya diganti siang hari. Untuk hari kedua dan ketiga alhamdulillah lebih lancar. Semoga tidak ada kendala lagi,” papar Uswatun Hasanah sembari memantau CBT E-Learning.

 Siswa diharapkan mempunyai kuota dan jaringan internet aktif yang bisa digunakan untuk mengakses CBT E-Learning. Wali kelas dan segenap panitia PTS selalu memantau pelaksanaan PTS ini dan siap membantu mengarahkan ketika siswa mengalami kendala. Melalui PTS online ini, MAN 2 Banjarnegara ingin mengajarkan kemandirian dan kejujuran kepada para siswanya. (fn/ak/rf)