Penjaringan Kesehatan dan Imunisasi MR Bagi Siswa Baru Kelas 1

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Sabtu, 27 Agustus 2022, setelah siswa melaksanakan senam pagi, siswa siswi kelas 1 mendapatkan pelayanan kesehatan dari Puskesmas Wiradesa.

Pelayanannya berupa penjaringan kesehatan dan imunisasi MR. Imunisasi MR atau Measles and Rubella vaccine adalah vaksin untuk mencegah measles (campak) dan rubella (campak Jerman).

Imunisasi ini ditargetkan untuk anak usia 9 bulan sampai 12 tahun. Imunisasi ini diberikan sebagai program dari pemerintah mengimenyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak. Hal ini disebabkan saat pandemi Covid-19 terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap.

Adapun peserta yang mendapatkan imunisasi MR yaitu seluruh siswa kelas 1A, 1B dan 1C dengan jumlah 73. Dan 2 anak tidak bisa mengikuti imunisasi dikarenakan masih dalam keadaan sakit.

Penjaringan kesehatan yang dilakukan yaitu meliputi pemeriksaan kuku, gigi, telinga dan mata. Dengan Ramahnya petugas memeriksa satu persatu anak dengan tertib. Tentunya dengan kerjasama para  wali kelas 1 dan guru pendamping.

“Hasil dari kegiatan ini yaitu 8 siswa perlu melaksanakan pemeriksaan lanjutan di bagian poli umum ke Puskesmas Wiradesa. Yang mengalami kelainan gigi ada 21 siswa terdiri dari siswa kelas 1 dan 2.” kata Ghonia Fithri Fiddaroini selaku koordinator UKS MIM Kauman.

Selain kelas 1 yang mendapatkan imunisasi, kelas 5 siswa putri juga mendapatkan imunisasi dengan tipe HPV. Vaksin HPV adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah infeksi human papillomavirus (HPV). Di Indonesia, vaksin HPV dapat diberikan kepada perempuan usia 9 – 55 tahun dan laki-laki usia 19–26 tahun. (Lia/Ant/bd).