Pentingnya Komunikasi dalam Merajut Cinta dalam Keluarga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Komunikasi dalam keluarga memegang peranan yang penting dalam menjaga keharmonisan suami istri. Banyak permasalahan dalam keluarga antara suami istri dapat diselesaikan dengan baik manakala dapat dibangun komunikasi yang efektif.

Pesan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang, Muhammad Miftah, pada Bimbingan Perkawinan Tatap Muka KUA Kecamatan Mungkid, Selasa, 20/06/2023 di Terracota Resto, Mungkid Kab. Magelang.

Kepada para calon pengantin Miftah menyampaikan pentingnya pernikahan dalam agama Islam. Dalam ajaran Islam, pernikahan merupakan akad yang sangat kuat dan salah satu ibadah yang terikat dengan aturan-aturan yang telah digariskan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Karenanya pernikahan merupakan perjanjian yang agung (Mitsaqan Ghalidza) kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, pernikahan bukan perkara main-main, dan untuk menuju ke sebuah ikatan pernikahan, calon suami isteri haruslah mempunyai bekal pengetahuan tentang bagaimana cara membina rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.

“Bimbingan Perkawinan bagi para Calon Pengantin merupakan upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan calon suami istri memahami bagaimana membina rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah,” kata Miftah.

Miftah menyampaikan, riak-riak dalam keluarga akan muncul saat pasangan mulai mempunyai anak. Tingkah anak-anak sering menyebabkan pasangan berbeda pendapat dalam menyikapinya sehingga sering menjadi bibit pertengkaran.

“Kalau saat ini masih bahagia. Tapi kalau anak sudah hadir, maka cobaan-cobaan itu akan datang dalam rumah tangga kita. Jangan pernah kita lari dari permasalahan. Persoalan datang bukan untuk kita pergi, tetapi untuk kita hadapi,” kata Miftah.

Untuk mengatasi persoalan-persoalan rumah tangga, Miftah menyarankan agar para suami istri selalu membangun komunikasi yang baik dan efektif. Ada 3 metode ampuh model komunikasi ala Miftah yang bisa diterapkan oleh para suami istri yaitu selalu menegakkan shalat, membiasakan makan bersama dalam satu tempat, dan memaksimalkan komunikasi menjelang tidur dengan pasangan.(m45k/Sua)