Pentingnya Moderasi Beragama untuk Keutuhan NKRI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran (Humas) – Mewakili Kakanwil Kemenag Jateng, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Zulkifli sampaikan materi moderasi beragama dalam peringatan Hari Santri Nasional 2023 di desa Gentong Kecamatan Bawen, Sabtu, (21/10/2023) malam.

Kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang berkolaborasi dengan Karang Taruna setempat kali ini mengusung tema Harmonisasi Moderasi Beragama.

Dalam paparannya, Zulkifli menjelaskan bahwa semangat moderasi beragama dari para tokoh pendiri bangsa, santri dan ulama adalah kunci pokok tegak berdirinya NKRI.

“Tanpa semangat moderasi beragama, mustahil akan terwujud musyawarah yang kemudian melahirkan kesepakatan untuk bersatu melawan penjajah mewujudkan kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Menurut Zulkifli, semangat moderasi beragama sudah dicontohkan dengan sangat baik oleh para pahlawan, ulama juga santri sejak zaman dahulu. Dan kita sebagai generasi muda, sudah selayaknya melestarikan dan mencontoh apa-apa saja yang sudah diajarkan tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Semarang, H. Basari, pengurus FKUB Provinsi Jawa Tengah, Forkompimcam Bawen, Kepala KUA Kecamatan Bawen, tokoh agama dan tokoh masyarakat Gentong. Hadir pula menyampaikan materi, sekretaris FKPT BNPT Jawa Tengah, Samsul Ma’arif.(shl/Sua)