Pentingnya Pendidikan Agama di Era Digital

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad hadir sebagai moderator dalam acara Ngobrol Pendidikan Islam (NGOPI) yang dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI, KH. Buchori, Tanfidziyah PCNU Kab. Kendal, KH. Muhammad Danial Royyan serta Wakil Katua PD Muhammadiyah Kab. Kendal, Dr. Utomo berlangsung di Hotel Sae Inn, Minggu (4/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural Kemenag Kendal, perwakilan ASN, pengurus KKM MI, MGMP MTs, MA, KKG PAI SD, SMP, SMK serta Pengurus Pondok Pesantren sejumlah 70 peserta. Dialog mengangkat isu pendidikan Islam dan persoalan yang tengah dihadapi.

Salah satunya keterbukaan IT yang saat ini tidak dapat dibendung turut menjadi persoalan pendidikan keagamaan dimana orang-orang lebih suka belajar agama melalui internet, sehingga memicu kegaduhan oleh orang dengan dasar ilmu agama yang tidak memadai memunculkan pandangan agama yang ekstrim. Belajar ilmu agama tanpa melalui lembaga penyelenggara pendidikan kini menjadi persoalan tersendiri di tengah kemajuan teknologi yang semakin gagap gempita.

Maka perlu adanya pendampingan tenaga pendidikan untuk bisa mengintegrasikan kurikulum pendidikan agama dengan kemajuan teknologi tanpa mengesampingkan praktik amaliyah sebagai penanaman nilai moralitas untuk melahirkan generasi yang terdidik. Selain itu kesejahteraan tanaga pendidikan agama juga perlu perhatian khusus.

Dengan mengangkat tema advokasi pendidikan Islam menuju pendidikan berkualitas, Komisi VIII DPR RI menyampaikan perlunya negara hadir dalam memperjuangkan pendidikan agama, tidak hanya madrasah namun meliputi pendidikan formal dan non formal. Kegiatan ini menjadi wadah menyerap aspirasi seputar dunia pendidikan keagamaan sebagai kolaborasi dalam menyuarakan perjuangan untuk pendidikan keagamaan.

“Advokasi pendidikan keagamaan bukan saja bicara proses pendidikan tapi pengampu pendidikan, pengelola pendidikan, dan data yang dapat kami usulkan harus ada program terkait dengan pengadaan. Selanjutnya pendampingan terkait EMIS sebagai tolok ukur secara waktu, mengukur secara jumlah dan kualitas minimal data,” terang Buchori.

Selain itu, selaras dengan salah satu program prioritas Kemenag RI yakni digitalisasi layanan publik yang diimplementasikan di Jawa Tengah dengan mendorong pembaharuan sarana prasarana alat pengolah data dan alat komunikasi. Demikian pula untuk menjawab persoalan ketika guru dihadapkan era disrupsi informasi sehingga menuntut inovasi layanan pendidikan keagamaan yang menyesuaikan berkembangan jaman.

Pendidikan agama saat ini menjadi keunggulan lembaga, sekolah yang memperhatikan pendidikan agama akan menjadi sekolah favorit seperti halnya dalam upaya mengintergrasikan sekolah dan pondok pesantren melalui program boarding school sebagai jawaban bahwa masyarakat merindukan pendidikan yang bermoral. (d/bel/rf)