Pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Guru Agama Hindu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Bimas Hindu) – Fakta masih ada gerakan separatis melawan NKRI, Radikalisme/Terorisme, gerakan berlandaskan sentimen agama untuk mengganti Ideologi Pancasila, Intoleransi, melemahnya kebangsaan terhadp bangsa sendiri, Apresiasi terhadap budaya bangsa masih lemah.

Dengan fakta kejadian tersebut, Kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan bagi Guru Agama Hindu, dengan Narasumber yang ke-tiga AA Ketut Darmaja, memberi materi tentang Pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Guru Agama Hindu di Hotel Horizon Inn Alaska. (27/5)

“Tiga Pilar Wawasan Kebangsaan yang Pertama (Rasa Kebangsaan) Dorongan emosional yang lahir dalam perasaan dan alam pikiran setiap warga negara untuk selalu bersama dan bersatu, kedua (Paham Kebangsaan) ciri yang membentuk Identitas Jatidiri dan Kepribadian suatu Bangsa yaitu Bhineka Tunggal Ika, ketiga (Semangat Kebangsaan) mewujud diatas landasan rasa kebangsaan dan paham kebangsaan melahirkan Loyalitas Nasional,” kata AA Ketur Darmaja

Lebih lanjut disampikan “Puncak tertinggi dari spirit dan perjuangan hidup dalam membangun dan hidup bersama sebagai bangsa Indonesia yang memperjuangkan segala aspirasi dan tujuan hidup itulah Loyalitas Nasional yang sebenarnya.”

AA Ketut Darmaja mengutip Pidato Bung Karno Presiden RI pertama “Ingat wahai saudara-saudaraku, musuh yang terberat adalah rakyat sendiri. Rakyat yang mabuk akan budaya luar, yang kecanduan agama, yang rela membunuh bangsa sendiri demi menegakan budaya asing.”

Harapan Integrasi dan Kolaborasi Penanaman Nilai Wawasan Kebangsaan secara Sistematis dan Konsisten melalui Kurikulum Pendidikan. Jk/qq