Penyuluh Award, Ajang Ukur Kinerja dan Inovasi Penyuluh Agama Islam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Kakan Kemenag Kab. Wonosobo yang diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha Imron Awaludin memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka kegiatan Penyuluh Agama Islam Award Kantor Kementerian Agama Kab. Wonosobo, Selasa, (6/6) bertempat di MIN Wonosobo.

Imron mengapresiasi Penyuluh Agama Islam sebagai salah satu garda terdepan dalam menyampaikan program-program Kemenag kepada masyarakat maupun pada kelompok binaannya.
Kakankemenag menambahkan, kegiatan ini sesungguhnya untuk melihat sejauh mana kinerja dan inovasi yang dilakukan oleh penyuluh Agama Islam.

“Penyuluh Agama Islam semuanya baik, namun pada seleksi penyuluh Agama Islam Award tahun 2023 akan dipilih yang terbaik pada setiap kategori untuk jenjang lebih tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat IsIam, Ahmad Fuadi, sekaligus selaku Penyelenggara kegiatan melaporkan, dasar Pelaksanaan Keputusan Direktur Jendral Bimas Islam Nomor 198 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyuluh Agama Islam Award.

Ahmad Fuadi, menjelaskan Maksud dan tujuan kegiatan ini mendorong. Peningkatan Kapasitas dan tanggung jawab Penyuluh dalam proses pendampingan pada masyarakat. Meningkatkan kreatifitas Penyuluh ditengah keberagaman masyarakat dan budaya bangsa. Memberi penghargaan atas capaian Penyuluh Agama bagi masyarakat.

Lebih lanjut Fuadi menyampaikan dalam kegiatan pemilihan penyuluh agama islam award tahun 2023 ini, ada tiga hal mendasar yang harus dimiliki oleh para penyuluh; pertama yang diuji dalam kompetisi ini adalah presentasi karya tulis ilmiah, kedua presentasi video aktivitas dan ketiga adalah laporan tusi selama dua tahun terakhir, demikian tandas Fuadi mengakhiri laporannya.

Dalam kegiatan tersebut diikuti 19 peserta terdiri dari 2 penyuluh PNS dan 17 penyuluh Non PNS dari 15 Kecamatan, para peserta sangat antusias menyiapkan materi dan presentasi. Penilaian 3 dewan juri diperoleh 4 Penyuluh Agama Islam Award yaitu Isma Iddah (Kaliwiro), Mustika Septi Handinie (Wonosobo), Ach. Fauzi (Kalikajar) dan Rosyid Muhammadi (Sukoharjo). Para Pemenang akan melakukan ke tingkat Provinsi pada Akhir Juni ini.(Wkh-WS/PS/Sua)