Perencanaan yang Baik adalah Kunci Keberhasilan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Rapat Koordinasi Perencanaan Tahun 2024 di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng digelar pada Senin (22/1/2024) di Aula Kanwil. Agenda pembahasan adalah melakukan koordinasi terkait pelaksanaan anggaran tahun 2024 dan persiapan penyusunan data perencanaan anggaran tahun 2025.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Wahid Arbani didampingi oleh Ketua Tim Kerja Perencanaan Baikuni. Dalam sambutannya, Wahid berpesan agar seluruh sistem perencanaan dan penilaian dapat terintegrasi dengan baik, selaras sistem yang telah ditentukan. Pertama, penilaian individu pada sistem e-KINERJA. Kedua, penilaian indikator instansional pada sistem SIPKA (Sistem Informasi Performa Kementerian Agama). Ketiga, penilaian anggaran pada sistem IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) milik Kementerian Keuangan.

“Ini harus menjadi perhatian kita bersama, bahwa sistem tata kelola tersebut telah terintegrasi. Kegiatan hari ini dilaksanakan dalam rangka sikronisasi ketiga hal tersebut,” tutur Wahid.

Lebih lanjut, dalam konteks manajemen dibagi dalam planning, organizing, actuating, dan controlling Wahid menegaskan, “Perencanaan menjadi nilai awal, ketika perencaan berhasil disusun dengan baik dan tepat maka langkah selanjutnya pada organizing, actuating, dan controlling dapat berjalan dengan baik pula,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan koordinasi dan tanya jawab. Bertindak sebagai narasumber Sunaryo selaku Ketua Pokjanas Perencana Kemenag RI. Peserta ialah Fungsional Perencana masing-masing Kemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. (PS/BEL)