Pengembangan STABN Raden Wijaya, Kemenag Terima Hibah Tanah dari Pemkab Wonogiri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Rapat koordinasi percepatan tindak lanjut Berita Acara Serah Terima (BAST) hibah tanah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri kepada Kementerian Agama dilaksanakan pada Senin, (22/1/2024) di ruang rapat PTSP.

Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya mendapat hibah lahan seluas 83.776 m2 dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Adapun tanah tersebut berlokasi di Kelurahan Giriwono dan Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri.

Pada Kamis, 28 Desember 2023 telah dilaksanakan penandatanganan BAST antara Haryono Sekda Kabupaten Wonogiri dengan Nizar Ali Sekretaris Jenderal Kementerian Agama. Disaksikan Bupati Wonogiri, Dirjen Bimas Buddha, Ketua STABN Raden Wijaya, Kepala Biro Keuangan dan BMN Kementerian Agama, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Pejabat dari PUPR Kabupaten Wonogiri, dan Pejabat dari ATR Kabupaten Wonogiri.

Ketua STABN Raden Wijaya Hesti Sadtyadi menyatakan bahwa proses pelepasan hak sertifikat dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri kepada Kementerian Agama melalui Sekretariat Jenderal sudah dalam proses. Sehingga selanjutnya akan diatur mengenai proses BMN (Barang Milik Negara).

“Selanjutnya dapat segera dikomunikasikan antar pengelola BMN, baik dari Sekjen Kemenag Pusat, Kanwil Kemenag Jateng dan juga pengelola dari STABN Raden Wijaya,” tutur Karbono Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Jateng.

Proses selanjutnya akan dilakukan menggunakan aplikasi SEHATI (Sistem Aplikasi Pengelolaan Hibah Terintegrasi) milik Kementerian Keuangan RI. Ini merupakan satu portal aplikasi yang menghubungkan keseluruhan proses pengelolaan hibah dalam satu pintu, mulai dari pengajuan e-register hibah, monitoring proses administrasi hibah secara online, sampai dengan e-konfirmasi dan pelaporan hibah. (PS/BEL)