Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, MTs N 1 Tegal Semangat Melaju dalam Berprestasi untuk Indonesia Maju

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Slawi – Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tegal mengadakan kegiatan Upacara dalam rangka peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Dalam kegiatan ini semua guru dan pegawai memakai pakaian Adat Nasional. Upacara digelar di halaman Madrasah pada hari Kamis (17/08/23).

Dalam Amanatnya Kepala MTs N 1 Tegal Arif Hanafi, S.Ag.,M.Pd membacakan naskah sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dimana secara umum menjabarkan tentang Sejarah Nasional Indonesia dengan tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Selain itu beliau berpesan dan menaruh harapan besar kepada siswa untuk selalu semangat dalam belajar, tetap disiplin dan tetap berprestasi. Karena hal itu merupakan salah satu cara bagi siswa dalam mengisi kemerdekaan. “Kegiatan pengembangan diri siswa di madrasah harus tetap berjalan, karena banyak tantangan dimasa depan,” Pesan Arif. Beliau juga memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Upacara Bendera tahum ini yang berlangsung khidmat. “Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada petugas upacara yang sudah menyelenggarakan upacara dengan tertib dan khidmat,” kata beliau dalam amanatnya.

Panitia pelaksana HUT Ke-76 RI dipelopori oleh pengurus OSIS.  Pengibaran Bendera Merah Putih dikibarkan oleh siswa yang tergabung dalam Pasukan Paskibra Madrasah, dan lagu Kebangsaan Negara Republik Indonesia oleh tim paduan suara. Mereka merupakan siswa-siswi yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTs N 1 Tegal.

Waka Humas MTs N 1 Tegal H. Bambang Heri S, S.Ag menjelaskan bahwa upacara peringatan detik-detik proklamasi tahun ini nampak berbeda dari biasanya, hal ini terlihat dari pakaian yang dikenakan oleh pembina upacara dan dewan guru yaitu menggunakan pakaian Adat Nasional. “Sesuai instruksi yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Tegal lewat surat yang beredar di madrasah-madrasah, guru dan karyawan diperintahkan menggunakan pakaian Adat Nasional,” Jelas Bambang saat dimintai keterangan.

Upacara pagi ini yang dimulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 08.30 WIB berjalan lancar dan tertib. Usai upacara, disampaikan beberapa pengumuman berkaitan dengan rencana kegiatan perlombaan yang akan diikuti oleh siswa dan guru pada hari Jum’at – Sabtu, 18-19 Agustus 2023. (IN/bd)