Peringati HAB Kemenag Ke-77, Kepala MTs N 2 Banjarnegara Kenakan Baju Adat Bugis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sebagian peserta upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama RI tingkat Kabupaten Banjarnegara para pejabat kompak mengenakan pakaian adat nusantara Indonesia. Tak ketinggalan Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Upacara berlangsung di alun-alun Kabupaten Banjarnegara Selasa (3/01/2023) ini diikuti sekitar 3000 lebih peserta yang berasal dari Kemenag Kabupaten Banjarnegara dari 13 kategori undangan internal yaitu Kasubbag TU, Kasi, dan Penyelenggara beserta lstri/Suami, Kepala KUA Kecamatan beserta lstri, Kepala MAN, MTsN, dan MIN beserta lstri/Suami, Pengawas Madrasah dan PAI beserta lstri/Suami,Penghulu se-Kab. Banjarnegara, Penyuluh Agama Islam Fungsional se-Kab. Banjarnegara, Analis Kepegawaian, Perencana, APKAPBN, dan Bendahara beserta lstri/Suami, Pengurus DWP Kankemenag Kab. Banjamegara, Kepala MAS dan MTsS se-Kab. Banjarnegara, Ketua KK MI,  MTs, dan MA Kabupaten Banjarnegara, Ketua IGRA Kabupaten Banjarnegara, Penyuluh Agama Islam,  Kristen, dan Hindu Non PNS, Seluruh ASN dan PPNPN di lingkungan Kankemenag Kab. Banjarnegara.

Untuk kalangan Kepala Madrasah termasuk dari MTs Negeri 2 Banjarnegara Ratna Ayu Kartika Wulan tak ketinggalan mengenakan baju Adat Nusantara Indonesia yaitu Baju Bodo yang termasuk pakaian tradisional perempuan untuk suku Bugis dan suku Makassar, Sulawesi, dan Bugis Pagatan, dan Kalimantan.

Berbagai macam pakaian adat tersebut melambangkan tema HAB ke-77, yakni Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat.  Ratna Ayu Kartika Wulan juga menyampaikan bahwa baru tahun ini upacara HAB RI di masing-masing kabupaten mengenakan baju adat Nusantara Indonesia. Ini merupakan lambang kekayaan Indonesia untuk saling menjaga kerukunan dan dalam upaya melestarikan budaya Indonesia melalui baju adat Nusantara.

“Saya bangga sebagai warga negara Indonesia untuk memakai baju adat Nusantara, dengan begini berarti sudah melestarikan kekayaan budaya Indonesia,” ujar Ratna Ayu Kartika Wulan.

Salah satu guru dari MTs Negeri 2 Banjarnegara Nur Farida juga menyampaikan kekagumannya melihat Ibu Kepala Madrasah yang begitu cantik saat mengenakkan baju Bodo berwarna merah membara seperti semangatnya untuk berubah menjadi lebih hebat Kementerian Agama.

“Ibu kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara cantik sekali mengenakkan baju Bodo berwarna merah, seperti tema HAB Kemenag harus lebih Hebat,” pungkasnya. (en/rf)