Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-78, Pemkab Pekalongan Salurkan Tali Asih Kepada Veteran Pejuang Kemerdekaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KAJEN — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menyalurkan tali asih kepada sebanyak 30 orang veteran pejuang kemerdekaan yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Penyaluran tali asih dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq usai Upacara Detik-detik Kemerdekaan RI Ke-78 dan Pengibaran Bendera Merah Putih, di Alun-alun Kajen, Kamis (17/08/2023).

Fadia menuturkan bahwa tali asih yang disalurkan kepada para veteran merupakan bentuk penghargaan Pemerintah Daerah atas jasa-jasa para veteran dalam memperjuangkan kemerdekaan,”Hari ini kita memberikan cinderamata, penghargaan, walaupun mungkin tidak luar biasa. Tapi ini adalah sebagai bentuk penghargaan kita untuk para pahlawan, dan hari ini juga kita memberikan hadiah untuk teman-teman veteran yang ada di sini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, kepada para awak media, Fadia juga menyampaikan harapannya terkait peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78, dimana Ia berharap Indonesia akan terus berkembang dan menjadi negara yang lebih kuat, dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Ia juga berdoa agar pembangunan di Kabupaten Pekalongan semakin lancar dan masyarakat dijauhkan dari segala musibah.

Lebih lanjut, Bupati Fadia juga sempat berbagi makna hari kemerdekaan yang menurutnya adalah hadiah terbesar kepada bangsa Indonesia, “Kita seluruh bangsa Indonesia, pastilah menyambut hari kemerdekaan ini dengan suka cita, dengan bahagia, karena ini adalah hadiah terbesar dari Allah untuk seluruh bangsa Indonesia pastinya,” jelasnya.

Terakhir, Fadia memberikan pesan kepada para pemuda, khususnya di Kabupaten Pekalongan. Ia mengajak generasi muda untuk menghargai apa yang telah dicapai oleh pahlawan-pahlawan sebelumnya. Ia berharap agar pemuda Indonesia terus mendorong bangsa ini menjadi lebih baik, lebih aman, dan kondusif. “Kita harus membuat Indonesia bangkit. Indonesia hebat dan Indonesia aman,” tegas Bupati. (Prokompim/MTb/bd)