Persiapan Ibadah Haji, Kemenag dan Dinkes Gelar Rapat Koordinasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Dalam rangka memberikan informasi terkait Pelayanan Kesehatan Haji, Dinas Kesehatan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemeriksaan, Pembinaan Kesehatan dan Pemberian Vaksinasi Jamaah haji Kabupaten Pekalongan estimasi Keberangkatan tahun 1444 H/2023 M, bertempat di ruang rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Senin (06/03/2023)

Hadir mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Plh. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Sujud. Dalam kesempatanya Ia menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji bertujuan untuk memberikan pembinaan pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya kepada jamaah haji, agar jamaah haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam.

“Ibadah Haji adalah ibadah fisik, sehingga jamaah haji dituntut mampu secara fisik dan rohani agar dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik dan lancar, salah satu kegiatan penyelenggaraan kesehatan haji yang sangat penting adalah serangkaian upaya kegiatan melalui program pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji, agar terpenuhinya kondisi istitha’ah kesehatan atau kemampuan kesehatan jamaah haji untuk melakukan serangkaian aktivitas rukun dan wajib haji. “ujar sujud.

“Secara umum instito’ah kesehatan jamaah haji adalah sebagai kemampuan jamaah haji dari aspek kesehatan, yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan dan pembinaannya yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga jamaah haji dapat menjalankan ibadahnya sesuai dengan agama Islam”

“Dan untuk memenuhi kriteria kesehatan jamaah haji, maka persiapan sejak dini di tanah air harus dilakukan, sebagai upaya pemerintah dalam mengantar jamaah haji sehat, sejak di Indonesia, selama perjalanan dan di Arab Saudi selama menjalankan ibadah, sesuai dengan Permenkes Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji, maka seluruh jemaah haji harus dilakukan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan agar tercapai kondisi istithaah kesehatan haji. “tambahnya

Plh. Kasi PHU juga sangat berharap sinergitas antara dinas kesehatan dan Kementerian Agama dan juga KBIHU agar terus berjalan dengan baik, tentunya hal ini demi mempermudah kami dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” tutupnya.

Hadir dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, M. Khoirudin, M.Kes dan dari Puskesmas se kabupaten Pekalongan.
Dalam paparannya Khoirudin, mengatakan pemeriksaan Kesehatan jamaah haji dilakukan melalui beberapa tahapan, tahap 1 dan 2 dilakukan dipuskesmas, untuk pemeriksaan lengkap dilakukan di RSUD Kajen dan RSUD Kraton serta pemeriksaan di laboratorium Vaksin Booster dan Vaksin meningitis.

“Pelayanan kesehatan haji adalah upaya kesehatan dalam bentuk kuratif dan rehabilitatif dilakukan pada jemaah haji pada seluruh penyelenggaraan Ibadah haji,” jelasnya. (Sujud/MTb/bd)