PTS Sebagai Tolok Ukur Hasil Belajar Tengah Semester Di MTs Negeri 1 Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Penilaian Tengah Semester (PTS) di MTs Negeri 1 Kota Semarang mulai Sabtu sampai dengan Jum’at (01-07/10/2022). dari jam 07.00 s.d. 12.00 WIB jika satu hari ada tiga mata pelajaran yang diujikan dan sampai jam 10.15 WIB jika hanya dua mata pelajaran saja. Peserta PTS yang terdiri dari kelas 7, 8, dan 9 yang berjumlah 1035 anak mengikuti tata tertib dari Panitia PTS dengan baik. Waka Kurikulum mengatakan bahwa “PTS kali ini terdiri dari 16 orang panitia yang terdiri dari 11 wali kelas 8  dan selebihnya dari pegawai. Ada 32 ruang tes dan masing-masing ruang rata-rata diisi 32 anak. Semoga berjalan lancar sampai hari akhir tes nanti,” terang H. Marjoko selaku Waka Kurikulum.

Panitia PTS sedang koordinasi menunaikan tugas

Di ruang panitia, Marzuki selaku Ketua Panitia PTS menambahkan bahwa “PTS dilaksanakan sebgai pengukur kemampuan siswa dalam belajar. Selain itu untuk meningkatkan ketertiban bagi siswa dalam administrasi, berpakaian, dll. Ada 16 Mapel yang diujikan.” Lebih lanjut dikuatkan dengan semangat peserta didik dalam mengikuti PTS dan ketertiban dalam berpakaian serta kedisiplinan waktu. Panitia juga bekerja dengan semangat pula. Tidak ada kendala yang berarti.

Salah satu ruang tes, para peseta tes sedang serius mengerjakan soal, pengawas siap mendampingi

Di tempat terpisah Kepala Madrasah, H. Kasturi, menyampaikan pesan kepada para pegawas PTS agar lebih waspada ketika ada dalam ruang tes jangan sampai ada anak yang menyontek dan pengawas dilarang membuka HP kecuali sangat penting. Lebih jauh beliau menuturkan bahwa “PTS ini selain untuk mengukur hasil belajar peserta didik juga sebagai bentuk evaluasi pembelajaran agar lebih berkualitas,” tandas beliau. Penuturan Kepala Madrasah mengandung makna bahwa PTS sebagai tolok ukur hasil belajar selama tiga bulan dalam pertengahan semester. Kali ini PTS Ganjil Tahun Pelajaran 2022/ 2023. “Selamat menempuh PTS, anak-anak semoga kalian berhasil menutut ilmu dan dapat mengamalkan ilmu kalian dalam kehidupan nyata,” pungkas Kepala Madrasah. (Humas Emtessa/bd)