Raih Juara I Lomba Inovasi Moderasi Beragama 2023, Vihara Tanah Putih Semarang Terapkan Aspek Kehidupan yang Inklusif dan Harmonis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Vihara Tanah Putih Semarang berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Inovasi Moderasi Beragama Tahun 2023 kategori Rumah Ibadah Moderasi. Terletak di Jalan Dr. Wahidin No. 6-12, Kota Semarang, Vihara Tanah Putih telah mengalami transformasi yang menganut prinsip moderasi dengan implementasi penerapan toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Dalam konteks ini, Vihara Tanah Putih hadir sebagai salah satu wujud ruang moderasi beragama di tengah keragaman keyakinan yang mengajarkan nilai-nilai universal dan mendorong dialog antarumat beragama.

Masuk dalam tahap terakhir penilaian, tim juri Lomba Inovasi Moderasi Beragama kunjungi langsung Vihara Tanah Putih. Disambut hangat oleh para bhante, dengan tujuan melihat langsung harmonisasi, moderasi beragama dan inspiratif yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

“Nilai-nilai moderasi telah menjadi inti dari cinta kasih, toleransi, dan perdamaian, maka moderasi bukanlah sekadar wacana, melainkan praktek nyata yang dapat dirasakan dalam setiap langkah kehidupan. Realitas ini telah berusaha diimplementasikan Vihara Tanah Putih sebagai oase kebhinekaan yang melibatkan tiap individu dari berbagai latar belakang agama, ras, suku, dan kepercayaan untuk bersatu dalam semangat yang tidak saling bersaing, melainkan saling melengkapi dalam menciptakan keharmonisan di masyarakat,” tutur Bhante Cattamano Mahathera.

Dalam aspek kemanusiaan, Vihara Tanah Putih telah melakukan kegiatan donor darah dan pemberian nasi untuk ojek online saat pandemi Covid-19 silam. Kegiatan ini juga secara tidak sadar telah menciptakan terjalinnya ikatan sosial yang erat di antara para pengemudi dan masyarakat sekitar dengan pihak vihara.

Vihara Tanah Putih juga melakukan kegiatan yang menunjukkan keagamaan sebagai sarana mencapai perdamaian dapat ditemukan dalam kegiatan-kegiatan lintas agama. Kegiatan yang pertama yakni buka puasa bersama warga sekitar Vihara dan tokoh lintas agama pada saat puasa Ramadhan. Selama kegiatan tersebut, vihara juga mengundang ustadz dan kyai dari masjid-masjid terdekat untuk memberikan tausiyah kepada saudara-saudara umat Islam yang sedang menjalankan puasa.

Tak kalah luar biasa, Vihara Tanah Putih bersama Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Jawa Tengah menggelar Parade Puisi Moderasi Beragama pada 4 Juni 2023 yang lalu. Selain untuk mewujudkan moderasi beragama, kegiatan ini digelar untuk mempromosikan harmoni dan persaudaraan antarumat beragama, serta membawa semangat kreativitas dan kearifan lokal dalam menambah nuansa kebersamaan. (PS)