Nilai Kerukunan, Budaya serta Tradisi Masjid At Taqwa dan Pura Kalingga Staya Dhama, Berdekatan dan Saling Mendukung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pekalongan (Humas)- Realita masyarakat moderasi beragama yang dibangun oleh Masjid At Taqwa dan Pura Kalingga Satya Dharma di Kabupaten Pekalongan berhasil membawa mereka sebagai Juara II Lomba Inovasi Moderasi Beragama Tahun 2023 kategori Rumah Ibadah Moderasi.

Berlokasi di Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, terdapat dua rumah ibadah yang hidup rukun. Keduanya telah berdiri lama dan berdampingan secara harmonis sejak tahun 90an.

“Saking dekatnya, bila ada kegiatan Hari Lahir atau Wisuda Taman Pendidikan Al-Quran, masyarakat non muslim juga berpartisipasi membantu kelancaran. Seperti Prada, sebutan bagi remaja Hindu yang membantu menjaga keamaan, parkir atau kelancaran jalan, serta membantu dibagian konsumsi juga,” tutur Imam Nuryanto selaku Kepala Desa Linggoasri.

Selain itu, apabila terdapat kegiatan kebersihan Masjid atau Pura, maka seluruh umat lintas agama akan bergotong-royong saling membantu. Seluruh fasilitas di Masjid maupun Pura boleh digunakan oleh seluruh masyarakat untuk keperluan bersama, seperti aula pertemuan untuk kegiatan lintas agama. Selain itu, posisinya berada di pinggir Jalan Raya Provinsi penghubung Kab. Peklongan dengan Kab. Banjar, bahkan dekat dengan pusat keramaian wisata Linggoasri, kedua rumah ibadah tersebut memiliki fasilitas ramah musafir. Antara lain toilet umum, keperluan P3K, charger hp/ laptop, kamar tamu dan minuman gratis bagi para tamu.

Tak hanya berhenti di situ, sebagai salah satu Desa Sadar Kerukunan dan Kampung Moderasi Beragama, Desa Linggoasri bersama Pengurus Masjid dan Pura juga melakukan banyak kegiatan penanaman nilai-nilai kebangsaan. Seluruh masyarakat melakukan gotong-royong dalam pelaksanaan setiap kegiatan Hari Besar Keagamaan, melakukan dialog kerukunan dan adanya Forum/Organisasi Remaja Masjid dan remaja Hindu serta grup kesenian melibatkan seluruh pengurus/remaja Masjid dan Pura. (PS)