081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Rakor Akselerasi Kantin Halal Madrasah Negeri Kota Semarang

Kota Semarang (Humas) – Menindaklajuti hasil rapat koordinasi Sertifikasi Halal di Jawa Tengah yang diikuti oleh Satgas Layanan Jaminan Produk Halal (JPH) JatengĀ  dan Kabupaten/Kota se-Jateng pada 5 September 2024 di MAN 2 Surakarta, Satgas Layanan JPH Kota Semarang bersama Kepala Madrasah Negeri se-Kota Semarang melaksanakan koordinasi, Rabu (11/9/2024).

Kegiatan berlangsung di Ruang Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kota Semarang, dengan agenda pembahasan akselerasi pelaksanaan Sertifikasi Halal pada kantin di lingkungan satker Kankemenag dan Madrasah Negeri Kota Semarang.

Hadir Satgas Halal, Plt Kasubbag TU Rachmad Pamudji, Gara Zawa Cholidah Hanum, dan Kepala MAN 1 Tasimin, Kepala MTsN 2 Ahmad Alfan, dan Kepala MIN Kota Semarang Nadzib.

Kepada peserta, Pamudji menyampaikan hasil Rakor Satgas Halal Jateng. ā€œHasil Rakor Satgas Halal Jateng telah menyepakati, dalam rangka akselerasi Kantin Halal pada madrasah negeri akan dilakukan pendaftaran sertifikasi halal dengan skema fasilitasi melalui selfdeclare. Oleh karenanya, mohon partisipasi dari semua madrasah untuk melaksanakan Instruksi Menteri Agama nomor 1 tahun 2023 tentang Sertifikasi Halal Produk dan Kantin di Lingkungan Satuan Kerja Kementerian Agama,ā€ tuturnya.

Menanggapi imbauan Pamudji, masingā€“masing Kamad memaparkan capaian kantin halal yang ada di madrasahnya, serta kendala yang dihadapi.

Sementara, Hanum mengatakan, data kantin halal di madrasah negeri yang telah terbit sertifikat halalnya atau pun yang masih proses perlu diupdate kembali agar diperoleh data Sertifikat Halal pada Kantin Madrasah Negeri Kota Semarang yang akurat kekinian. ā€œKami akan koordinasi dengan masing-masing Koordinator Kantin Halal Madrasah Negeri untuk memastikan berapa jumlah Sertifikat Halal yang telah terbit di 5 madrasah negeri se-Kota Semarang,ā€ ujarnya.

Hasil pendataan dan pembahasan Rakor Satgas Halal bersama Kamad ini akan digunakan sebagai bahan Rakor bersama Satgas Halal se-Jateng berikutnya.(Ch/Nba)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content