Rakor Dan Pembinaan Penyuluh Agama Kristen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Penyuluh Agama Kristen mempunyai tugas pokok dan fungsi melakukan bimbingan dan penyuluhan dengan dasar Alkitab. Selain itu, melakukan bimbingan dan penyuluhan pembangunan dengan bahasa agama pada kelompok binaan.

Oleh karena itu, Penyelenggara Kristen Kemenag Kota Semarang mengadakan rapat koordinasi dan pembinaan kepada Penyuluh Agama Kristen PNS dan Non PNS, Jumat (12/11) di kediaman Sriwahyuningsih, Perum Beringin Permai I C/44 Ngaliyan.

Acara di buka oleh Sriwahyuningsing dengan menyanyikan satu pujian bagi Tuhan.  Selanjutnya Darmini menaikkan doa pembukaan.

Adapun Ribkah Pandiangan selaku Penyelenggara Kristen memberikan sambutan dan pembinaan. Ribkan mengatakan, pertemuan ini tidak hanya sekadar kumpul-kumpul, tetapi yang terpenting adalah koordinasi, penyampaian informasi, pembinaan, serta forum silaturahmi.

Dalam pembinaannya Gara Kristen menyampaikan, para penyuluh bertugas sebagai unjung tombak di tengah masyarakat. Utamanya untuk menyampaikan Moderasi beragama dalam rangka menangkal paham radikalisme.

Menurutnya, moderasi beragama merupakan cara pandang kita dalam beragama dengan moderat. Artinya memahami dan mengamalkan ajaran agama tidak dengan berlebihan atau ekstrim. Beliau juga menyampaikan fungsi penyuluh agama sebagai fungsi Informatif, komunikatif, edukatif dan motivatif. “Selain itu penyuluh agama dalam menjalankan tugas profetiknya mengajarkan kasih, buah buah roh, ketaatan pada pemerintah, menegakkan keadilan lebih luas, mengajak umat pada kehidupan yang lebih baik,” tandas Ribkah.

Dance Pandual, selaku ketua Badko Sekolah Minggu menyampaikan, pembentukan Lembaga Badko Sekolah Minggu yang diajukan di notaris sudah jadi. Selanjutnya, akan diadakan koordinasi rencana Ibadah Natal Guru Sekolah Minggu pada Sabtu tanggal 11 Desember 2021, bertempat di Gereja Mawar Saron.

”Semua penyuluh harus mengkondisikan supaya semua guru sekolah minggu bisa hadir dan mengikuti Ibadah Natal tersebut,” pinta Ribkah.

Hendiyan salah satu penyuluh yang menjadi team verifikasi FKUB mendiskusikan tentang kendala di lapangan Peraturan Walikota pengajuan IMB gereja yang sudah berdiri sebelum Juni 2021. Pertemuan dilanjutkan dengan ramah tamah sekalian menikmati hidangan yang sudah di siapkan oleh tuan rumah, dengan iringan hujan deras. Acara di akhiri dengan doa syafaat untuk bangsa dan negara Indonesia oleh Dance dan di tutup dengan doa penutup yang di naikkan Adi Purnomo. (rus/iq/bd)