Rakor POSPENAS 2022, Kakanwil Musta’in Ahmad: POSPENAS Harus Didedikasikan Kepada Pesantren dan Santri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – POSPENAS merupakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren tingkat Nasional, dimana para santri berlomba mewakili pondok pesantren (ponpes) asalnya. Dalam gelaran POSPENAS ke IX tahun 2022 ini, Kota Surakarta, Jawa Tengah ditunjuk sebagai tuan rumah.

Kanwil Kemenag Prov. Jateng melakukan rapat koodinasi POSPENAS, Rabu (2/11) yang dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad dan menghadirkan 35 Kakankemenag Kab/Ko se-Jawa Tengah dan Kepala Seksi yang terkait. Hadir pula Wahid Arbani Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan Nur Abadi Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Rencananya POSPENAS akan dilaksanakan pada tanggal 23-27 November 2022 di Kota Surakarta. Sebelum pelaksanaan akan ada kirab obor POSPENAS yang di mulai pada 21-22 November dari KabApi Abadi Mrapen, Grobogan menuju Ponpes Girikusumo Mranggen, Ponpes Al Mas’udiyah, Kab. Semarang dan Kantor Walikota Surakarta. Kegiatan POSPENAS  akan diakhiri dengan Jateng Bershalawat pada 26 November 2022 bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. Tak hanya itu, stand produk UMKM juga ikut memeriahkan POSPENAS 2022.

“Tujuanya untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan olahraga dan seni dari sejak dini di kalangan santri pondok pesantren dan generasi muda serta masyarakat di sekitarnya,” tutur Kabid Nur Abadi.

Selaras dengan tujuan tersebut, Jawa Tengah akan mempersiapkan kegiatan POSPENAS 2022 dengan sepenuh hati.

“POSPENAS haruslah didedikasikan kepada Pesantren dan Santri. Harus. Ini karena jasa para Santri dan Pesantren yang amat besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, bahkan sebelum Indonesia merdeka,” tutur Kakanwil Musta’in Ahmad. 

“Dengan semangat “Gerak Santri, Bangkit Negeri”, insyaallah Jawa Tengah siap menjadi tuan rumah POSPENAS 2022 dengan rasa memiliki yang kuat dan dedikasi penuh untuk para Santri,” imbuhnya. (ps/rf)