Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Kepala MAN 1 Rembang Adakan Supervisi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang mengadakan kegiatan supervisi kepada 46 guru. Kegiatan supervisi dilaksanakan pada 31 Oktober – 10 November 2022.

Kepala MAN 1 Rembang, M. Khoiron mengatakan, supervisi adalah aktivitas dan kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh seorang profesional untuk membantu guru dan tenaga pendidikan lainnya dala memperbaiki bahan, metode, evaluasi pembelajaran, koordinasi dan bimbingan secara kontiunu. Tujuannya, guru menjadi lebih profesional dalam meningatkan kinerja.

“Tujuan supervisi tidak lain supaya seorang guru dapat melaksanakan kewajiban serta tugasnya dengan baik, lebih terarah, dan tetap on the right track,” ungkapnya. saat diwawancara Rabu (2/10/2022).

“Selain untuk melaksanakan kewajiban dan tugas, supervisi yang Kami lakukan ini bertujuan membantu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, yaitu dengan memperbaiki, mengarahkan, dan memberi contoh kekurangan yang ada pada perangkat pembelajaran,” sambung Khoiron usai melakukan supervise.

Khoiron menambahkan, seorang guru harus  selalu berinovasi dan menggunakan metode terbaik dalam mengajar sehingga membuat peserta didik lebih antusias, menguasai materi, menerapkan dalam kebidupan sehari-hari, bahkan bisa berkarya.

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam meningkatkan profesionalisme adalah kepribadian guru, proses serta penguasaan materi pembelajaran dan kemampuan guru dalam bekerja sama,” imbuhnya.

Kegiatan supervisi ini dilakukan oleh Kepala MAN 1 Rembang dan dibantu oleh 3 wakil kepala serta 2 guru senior. – tejo/iq/bd