Rayakan Idul Adha, MAN Pekalongan Potong 7 Ekor Hewan Qurban

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Perayaan Hari Raya Idhul Adha 1444 H yang bertepatan dengan tahun 2023 M menjadi momentum tersendiri bagi MAN Pekalongan. “Ini adalah momen untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT.” Sebagaimana yang disampaikan kepala MAN dalam sambutannya.
Pasalnya Hal ini tidak terlepas dari orientasi MAN Pekalongan yang senantiasa mengendapankan nilai-nilai aqidah, akhlak, suri tauladan dalam momentum Perayaan Hari Raya Islam.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari Sabtu 1 Juli 2023, bertempat di lingkungan MAN Pekalongan.
Jumlah hewan qurban sebanyak tujuh ekor kambing. Enam ekor kambing tersebut berasal dari para siswa melalui iuran, dan 1 ekor kambing berasal dari pribadi bapak kepala MAN Pekalongan.

Ketua Panitia Pelaksana H. Muhammad Suud, S.Ag mengatakan sudah menjadi sebuah tradisi di MAN Pekalongan, bahwa pada setiap tahunnya melaksanakan kurban. Hal ini sebagai wujud nyata ketakwaan kepada Allah dan wujud syukur atas semua nikmat yang telah diterima.

“Alhamdulillah, pada tahun ini MAN Pekalongan menyembelih 7 ekor kambing. Adapun satu hewan kurban tersebut berasal dari pribadi kepala madrasah, dan enam ekor lainnya berasal dari dana iuran peserta didik, ” kata Wewet Priyatna, S. Pd selaku wakasis MAN Pekalongan.

Ia menambahkan daging dari kurban tersebut dibagikan kepada perwakilan siswa, dewan guru, tenaga tata usaha dan warga sekitar sekolah.

Pada sambutannya Kepala MAN Pekalongan Drs. H. Saefudin, M. Pd menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada civitas madrasah karena mampu untuk saling berbagi dan membantu sesama terlebih lagi di hari Raya Idul Adha, serta mengapresiasi partisipasi dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat pada kegiatan ini.

Kami berharap kegiatan ini akan terus berlanjut pada setiap tahunnya. Sebagai sarana kita untuk saling berbagi dengan sesama. Selain itu sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan pada kita. Semoga dengan pelaksanaan kurban ini dapat kita ambil hikmah dan pembelajaran dalam kehidupan kita,” pungkas Drs. H. Saefudin, M. Pd.

Pada kesempatan tersebut ditutup dengan kegiatan makan siang bersama dengan para anggota guru, peserta didik, dan panitia pelaksana. (MC-NA/MTb/bd)