MIM Kauman Gelar Perbaqu Ke X Di Lapangan Waru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Sabtu, 1 Juli 2023 MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa mempunyai hajat besar yang diselenggarakan rutin tiap tahunnya. Ya, Perbaqu namanya. Perkemahan Bhakti Qurban. Tahun ini merupakan tahun yang ke 10 HW (Hisbul Wathan) MIM Kauman melaksanakan perkemahan dan latihan qurban.

Perbaqu kali ini dilaksanakan di lapangan Waru Kidul Desa Waru Kidul Kecamatan Wiradesa. Du awali dengan kegiatan apel pembukaan perbaqu ke x dan penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh kepala madrasah kepada Bapak Sholihan selaku PRM (Pimpinan Ranting Muhammadiyah) Waru Kidul.

Ada 18 regu atau tim yang terdiri dari 9 regu putra 9 regu putri, random dari kelas 3 s.d 6. Dengan pendampingan 1 guru disetiap tim. Kegiatan yang dilakukan sangatlah seru dalam satu hari itu, selain melakukan layaknya perkemahan, pendirian tenda, memasak nasi secara manual menggunakan kompor, makan bersama dan kegiatan Apel, mereka juga ikut serta membagikan daging qurban dan beras kepada warga sekitar Waru Kidul. Adapun hewan qurban yang disembelih yaitu 1 ekor sapi yang diolah menjadi 141 bungkus daging serta dimasak untuk menu makan siang semua peserta Perbaqu. Adapun bakti sosialnya berupa beras. Sekitar 40 kantong beraspun tersalurkan dari siswa untuk warga sekitar.

Tidak kalah seru dari kegiatan lainnya. Kegiatan penjelajahan menjadi favorit peserta dan sangat menyenangkan. Kegiatan yang dilaksanakan setelah dhuhur tersebut merupakan bagian dari kegiatan inti yaitu berkompetisi diantara masing masing tim. Mereka harus mencari jejak dan melewati setiap maktab yang ada. Diantaranya maktab yel yel, maktab surat pendek, maktab ortom, maktab tokoh muhammadiyah dan maktab ketangkasan. Dari kegiatan penjelajahan tersebut diambil juara 3 terbaik putra, 3 terbaik putri dan juara yel yel baik putra maupun putri. Dan tentunya dengan hadiah yang menarik untuk tim.

Kejuaraan diumumkan setelah apel penutupan selesai, diikuti dengan penampilan yel yel terbaik putra dan putri.

“Semoga kegiatan perbaqu ke x ini dapat memberikan pelajaran untuk siswa siswi MIM Kauman khususnya kelas 3 s.d 6 tentunya pelajaran untuk saling berbagi dan berkompetisi. Selain itu menjadikan siswa mandiri dan bekerjasama bersama tim masing-masing”. Tutur Kepala Madrasah Djoko Susilo, S.Pd.SD.

Kegiatan perbaqu selesai pukul 17.00WIB. Semua peserta dijemput oleh orang tua masing-masing di lapangan. Semoga kegiatan ini memberikan kesan yang positif untuk warga Waru Kidul dan terimakasih atas kerjasama yang baik antara pihak MIM Kauman dan warga Waru kidul. (LP/MTb/bd)