Remaja Putri Jadi Sasaran Gemas Tania

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Hadir memimpin doa dalam kegiatan launching Gerakan Remaja Sehat Tanpa Anemia (Gemas Tania) di halaman SMA N 1 Kendal, Jumat (14/7) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal berharap inisiatif program yang dicetuskan Dinas Kesehatan bersama Pemkab Kendal ini berjalan lancar dan dapat secara masif menurunkan angka stunting.

“Deteksi dini anemia pada remaja menjadi langkah penting dalam upaya mencegah stunting sejak dini. Semoga dengan launching Gemas Tania ini tidak ada lagi remaja khususnya di Kabupaten Kendal yang terdeteksi anemia,” ujar Mahrus.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Gerakan remaja sehat bebas anemia ini menjadi sebuah program inovatif sebagai aksi nyata upaya pemerintah dalam deteksi dini cegah stunting dan pencegahan anemia bagi remaja putri.

“Pemberian tablet tambah darah dan pemantauan minum tablet tambah darah pada remaja putri satu tablet setiap hari Jumat, serta membiasakan anak sekolah selalu sarapan pagi, makan buah dan sayur,” jelas Abidin.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengapresiasi atas kerjasama semua pihak sehingga penyelenggaraan kegiatan deteksi dini anemia pada remaja putri melalui pemeriksaan hemoglobin, pemberian tablet tambah darah, pembiasaan hidup sehat dalam upaya pencegahan stunting dan berat badan bayi lahir rendah dirangkai dalam Gemas Tania.

“Harapan kami, semoga program ini dapat menjadi titik terang kita dalam memberantas stunting di Kabupaten Kendal. Kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin dan konsisten di semua sekolah yang ada di Kendal. Bila perlu, kita kembangkan sampai ke desa-desa atau tingkat kelurahan,” jelasnya.

Adapun rangkaian kegiatan launching  Gemas Tania dibuka dengan senam bersama, sarapan bersama, penyuluhan kesehatan, makan buah bersama, minum tablet tambah darah bersama 256 siswa putri dan dilakukan pemeriksaan hemoglobin siswa putri. (bel/rf)