FKPAI Bimbing PKK Desa untuk Pemulasaraan Jenazah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PURWOREJO – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) KUA Kecamatan Bener bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK kecamatan setempat mengadakan bimtek bertajuk Pelatihan Pemulasaraan Jenazah bagi Kader PKK yang diadakan di Aula Kecamatan Bener pada Jumat (14/7/2023) dan diikuti oleh 70 orang yang merupakan utusan dari masing-masing TP PKK Desa.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Bener, Mundariyati Iman Ciptadi yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dapat sebagai motivasi bagi kader-kader TP PKK. “Diharapkan setelah pelatihan ini bisa praktek dan mentranfer ilmunya di desa masing-masing, sehingga jika ada kematian khususnya yang perempuan, tidak hanya mengandalkan petugas desa atau pak kaum yang biasa menangani jenazah,” tutur Murdariyati. Di akhir sambutannya, Mundariyati mengucapkan terima kasih kepada FKPAI Kecamatan Bener yang telah berbagi ilmu kepada para Kader PKK.

Miatu Alfi Muftiati, S.Pd., selaku koordinator kegiatan memaparkan bahwa penyelenggaraan ini merupakan program kerja FKPAI dan TP PKK Kecamatan Bener yang sudah teragendakan lama, akan tetapi belum terlaksana terkait kendala waktu serta lokasi. “Alhamdulillah akhirnya terlaksana sekarang. Adapun pemateri yaitu para penyuluh agama islam yang tergabung dalam FKPAI KUA Kecamatan Bener,” tutur Miatu Alfi.

H. Khamdani, S.Ag. yang merupakan penyuluh agama fungsional (PAIF) menuturkan kegiatan semacam ini akan maksimal jika ditindaklanjuti di tingkat desa dengan mengadakan pelatihan secara mandiri didampingi oleh tenaga yang sudah berpengalaman. Harapannya, nantinya di setiap desa ada kelompok yang mengurusi jenazah, khususnya jenazah perempuan seperti yang sudah berjalan di Desa Dewi, Kecamatan Bayan. Merupakan sesi terakhir yaitu praktek pemulasaraan jenazah yang dibimbing oleh Ky. Muhamad Arwani. (alfqr/sgy/bd)