Reorganisasi BAZNAS Diharap Mampu Tingkatkan Sinergitas dengan Kankemenag Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (1/8/2022) Cholidah Hanum Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Gara Zawa) yang sekaligus Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menyampaikan informasi, pelantikan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang periode 2022-2027. “Pada tanggal 16 Juli lalu, Walikota Semarang telah melantik Ketua dan 4 Wakil Ketua BAZNAS Kota Semarang,” tuturnya.

“Bapak Arnaz Agung Andrarasmara terpilih kembali sebagai Ketua, Bapak Labib sebagai Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, Ibu Afifah sebagai Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Bapak Nur Fuad sebagai Wakil Ketua III Bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan, dan Ibu Aminah sebagai Wakil Ketua IV Bagian Administrasi, SDM dan Umum,” terangnya.

Hanum menuturkan, Pimpinan BAZNAS Kota Semarang yang terpilih periode 2022-2027 merupakan hasil dari proses pendaftaran, tes tulis dan wawancara yang telah dilakukan oleh Tim Pansel Pimpinan BAZNAS Kota Semarang sebelumnya, sebagaimana diatur dalam Perbaznas nomor 1 thn 2019 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan BAZNAS Provinsi dan Pimpinan BAZNAS Kab/Kota.

“Pada kepengurusan pimpinan BAZNAS Kota Semarang periode ini, terdiri dari kolaborasi antara pimpinan lama 3 personil dan pimpinan baru 2 personil,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan harapan reorganisasi pada BAZNAS Kota Semarang dapat meningkatkan sinergitas antara Kankemenag Kota Semarang dengan BAZNAS Kota Semarang.

Informasi lain yang ikut ia sampaikan pada apel tersebut yaitu, telah ditandatanganinya kerja sama tripartit terkait wakaf, pelaksanaan rapat koordinasi semester I Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kota Semarang, program kerja yang akan dilaksanakan oleh UPZ dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 dan Bulan Muharam 1444 H, serta agenda kegiatan sosialisasi aplikasi e-AIW

Apel pagi yang digelar di halaman Kankemenag Kota Semarang tersebut, diikuti oleh Aparatur Sipil (ASN) dan siswa serta mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.(Hanum/Jenggo/NBA/bd)