Risky Arbangi Ajarkan Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan Interaktif di MTs N 1 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Jumat, (1/9/23) dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs N 1 Banjarnegara, salah satu guru Bahasa Indonesia Risky Arbangi Nopi, mengajar dengan menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Bertempat di kelas 7A, wanita yang akrab disapa Arbangi menyebut bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa-siswi dalam memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembelajaran yang inovatif.

“Canva sebagai platform desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat materi pembelajaran yang menarik dan berinteraktif. Ada berbagai fitur Canva yang dapat digunakan untuk menciptakan infografis, poster, presentasi, websites, dan materi pembelajaran lainnya.” Ujarnya.

Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia, mereka diajarkan tentang cara menggunakan Canva, mulai dari membuat akun hingga menghasilkan desain-desain kreatif. Para siswa juga memberikan contoh penggunaan Canva dalam pembelajaran, dengan menunjukkan beberapa desain yang telah mereka buat sebelumnya.

Sementara Yuniati selaku Waka Kurikulum MTs N 1 Banjarnegara menyampaikan harapannya terhadap siswa/siswinya bahwa, “Kami berharap melalui pembelajaran inovatif ini, siswa-siswi MTs N 1 Banjarnegara dapat memanfaatkan Canva sebagai media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Dengan kemampuan berpikir visual dan keterampilan desain yang mereka peroleh, diharapkan mereka dapat menghasilkan karya-karya yang menarik dan memahami materi pembelajaran dengan lebih baik.”

Tanggapan siswa-siswi kelas 7A terhadap kegiatan pembelajaran dari Ibu Arbangi ini sangat positif. Mereka sangat antusias untuk mencoba memahami penggunaan Canva dalam pembelajaran mereka. Siswa-siswi berharap penggunaan Canva akan memberikan mereka kesempatan untuk mengeksplorasi kreativitas, serta membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. (ran/bd)