ROKABA Ikuti BRUS, Ogah Nikah Muda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto – Pengurus Rohani Islam Kabupaten Banyumas (ROKABA) Periode 2021-2022 mengikuti kegiatan Sosialisasi Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) angkatan ke empat yang diselenggarakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut dilaksanakan 4 (empat) hari yakni tanggal 13, 15, 16 dan 17 Juni 2022 yang terdiri dari 4 (empat) angkatan dan ROKABA di hari ke empat yakni pada hari Jumat, (17/06) di D’Garden Hall & Resto Purwokerto mulai pukul 08.00 s.d. 14.30 WIB.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Aziz Muslim mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Seksi Bimas Islam. Hal ini penting mengingat tingkat perceraian di Indonesia tinggi dan pernikahan di usia dini juga masih sering terjadi.

“Agar sebuah pernikahan menjadi pernikahan yang kokoh, pertama maka harus dibekali dengan ilmu yang cukup. Sebab tidak otomatis begitu menikah langsung pandai mengelola rumah tangga, dinamika mengelola konflik rumah tangga harus dikelola dengan baik agar rumah tangga langgeng dan tidak mudah putus asa,” kata Aziz Muslim.

Kedua tuturnya, harus memiliki kesiapan mental dan usia yang matang, ketiga memiliki pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. Karena itu maka diimbau agar pada saat menikah usianya sudah dewasa. Sebab usia yang cukup harapannya secara kedewasaan sudah matang, baik dari fisik maupun mental.

“Kesiapan akan menjadi suami dan istri benar benar telah mapan dan paham akan hak dan kewajibannya,” ungkapnya.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Afifuddin Idrus mengatakan, kegiatan BRUS diadakan selama empat hari diikuti oleh siswa–siswi di wilayah Kabupaten Banyumas.

“Komposisi pesertanya meliputi utusan dari IPNU, IPPNU, madrasah, dan pengurus Kerohanian Islam (Rohis) Sekolah Lanjutan Atas di wilayah Banyumas. Agenda BRUS dihelat di De Garden Resto Purwokerto dalam empat angkatan yaitu angkatan pertana tanggal 13 Juni diikuti 31 peserta dari MAN 1 Banyumas, angkatan kedua (15/6) diikuti 31 peserta dari MAN 2 Banyumas.

“Selanjuthya angkatan ketiga (16/6) diikuti 31 peserta dari IPNU-IPPNU Banyumas dan angkatan keempat (17/6 ) untuk anggota Rokhis dari berbagai SMA/SMK di Banyumas,” terangnya.

Fasilitator kegiatan ini lanjutnya, adalah M. Nur Abidin, Tini Hayaturrohmah, dan Amin Supangat dari penyuluh agama Islam, dan Henny Sutikno dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

Dia menambahkan, tujuan kegiatan BRUS untuk memberikan pemahaman dan pembekalan kepada remaja usia sekolah sebelum melakukan pernikahan.

“Selain itu juga untuk memberikan gambaran terkait dengan alat reproduksi dan kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas,” pungkasnya.

Muhammad Riyan Firdaus selaku perwakilan peserta sekaligus sebagai ketua ROKABA disela-sela kegiatan menuturkan, “Kami sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini, selain mengedukasi remaja untuk mempersiapkan diri sebelum menikah dan menghindari pernikahan dini, fasilitator juga mengajak untuk melakukan pencegahan dan melawan penyakit seks menular, harapannya kedepan kami semua dapat merealisasikan apa yang telah di sampaikan dalam sosialisasi ini jika sudah saatnya nanti,” pungkas Riyan.(DU-yud/Rf)