“Sat-Set” Minset Baru Madrasah Keren

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sumbang, Banyumas (Umas)-Menindaklanjuti, SK Dirjen Pendidikan Islam nomor 3811 tentang madrasah pelaksana Kurikulum merdeka tahun pelajaran 2022-2023, Sebanyak 482 lembaga yang terdiri dari RA, MI, MTs dan MA seluruh Indonesia, siap melaksanakan kurikulum merdeka.

Salah satu Madrasah yang sudah melaksanakan kurikulum merdeka MTs Negeri 3 Banyumas dan sudah berjalan dua pekan di awal tahun pelajaran 2022-2023.

Menurut Waka Kurikulum Amir Hidayat walaupun keterbatasan yang dimiliki oleh madrasah, akan tetapi tidak menumpulkan kreatifitas dalam memberikan layanan terbaik bagi dunia Pendidikan. Malah justru sebaliknya, menjadikan semangat untuk menggali dan menampilkan perbaikan di sana-sini.

“Kerumitan kami (di awal) ternyata membuahkan kebersamaan untuk mencari tahu dan Bersama-sama belajar mencari bentuk dan penerapannya di madrasah. Dengan Motto KEREN yaitu: Kreatif (mengamati dengan teliti), Egaliter (memberikan layanan yang tanpa diskriminatif), Religius (memberi penguatan pada aspek agama), Efektif (mengacu pada ukuran bagi setiap program) dan Nasionalisme (cinta tanah air),” kata Amir saat menjelaskan kepada tim Kamis (28/7).

Hal itu adalah untuk mengejawantahkan mindset baru yang yang dicanangkan kepala madrasah. Mindset atau pola piker yang dikehendaki kepala madrasah adalah semua serba sat-set atau pengembangan budaya cepat dalam merespon khazanah/informasi baru. Oleh karena itu kepala madrasah menciptakan Tagline Motto baru.

“Maka Mindset MTs Negeri 3 Banyumas adalah “SAT-SET temandange”, yaitu : Sethithik omonge, Akeh kerjane, Tepat wektune, Sumeh wonge, Entheng tenagane, dan Tekan tujuane”, sambungnya.

Pada kesempatan yang lain, Ali Munif selaku kepala urusan Tata Usaha, menyampaikan Implementasi kurikulum merdeka di MTs Negeri 3 Banyumas, memang mengharuskan semua lini bekerja, produktif dalam mengahasilkan layanan prima atau excellent service. Pelayanan prima itu sendiri menjadi spirit yang selalu diamanatkan oleh kepala madrasah dan akan terus diberikan oleh warga madrasah kepada pelanggan madrasah, para siswa dan masyarakat.

“Bentuk layanan prima antara lain semua GTK secara Bersama, selalu mengupgrade dirinya dan meng-update informasi dan perkembangan dunia Pendidikan. Hal ini mungkin bisa berbentuk perubahan jadwal pembelajaran, jdwal kegiatan dan sebagainya,” ujarnya.

Ali Munif menambahkan pembelajaran di MTs Negeri 3 Banyumas yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila secara umum bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang yang bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif, inovatif yang mampu mengrekasikan ide/ gagasan berdasarkan kekhasan daerah yang tetap berakar pada budaya bangsa. Sehingga pada gilirannya akan menumbuhakan generasi muslim yang rahmatan lil alamiin.

“Alhamdulillah semua perangkat implemntasi kuikulum merdeka di MTs Negeri 3 sudah tersusun dan sudah mulai dilaksanakan awal tahun pelajaran 2022-2023” pungkasnya. (sh/fz/rf).