Seleksi Duta Literasi Untuk Menciptakan Generasi Berprestasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, WIRADESA — Dalam rangka memperingati bulan gemar membaca yaitu September dan hari kunjung perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September 2023, perpustakaan MI Muhammadiyah Kauman, PUSTAKA B.J.HABIBIE mengadakan beberapa program  yaitu donasi buku dan seleksi duta literasi.

Seleksi duta literasi adalah siswa – siswi yang terbentuk dari suatu pemilihan seleksi yang  bertujuan untuk mengembangkan hal-hal yang berkaitan dengan literasi. Duta literasi akan selalu berusaha untuk mengembangkan minat baca dan tulis para siswa.

Pelaksanaan seleksi duta literasi berlangsung pada hari rabu, 13 September 2023. Ada 18 siswa-siswi yang terpilih menjadi peserta seleksi duta literasi ini. Tentunya dengan kriteria tertentu, seperti gemar membaca dan mampu menangkap informasi yang dibaca maupun didengar. Serta mampu menulis informasi dengan baik.

Delapan belas siswa tersebut dikumpulkan dan diseleksi di perpustakaan. Mereka diharuskan mengisi quesioner yang diajukan oleh juri. Juri terdiri dari 3 guru bahasa indonesia dari kelas 4,5 dan 6 yaitu Vita Riskiana, S.Pd, Nok Idah, S.Pd.I dan Iftahati, S.Pd.

Kegiatan seleksi ini bertujuan untuk memilih siswa siswi yang berpotensi sebagai modelling atau teladan untuk teman-temannya dalam hal literasi.

” Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena memang harus ada model yang mana akan menjadi contoh untuk teman-temannya gemar membaca dan  menulis. Semoga dengan adanya kegiatan ini, literasi MIM Kauman semakin berkembang. Terima kasih kepada semua pihak dan anak-anakku” kata Djoko Susilo, S.Pd.SD selaku Kepala Madrasah.

Selain seleksi duta literasi, perpustakaan “Pustaka B.J.Habibie” juga membuka donasi buku bacaan. Hal ini berlaku sampai dengan akhir september. (LP/MTb/bd)