Semarak Expo Kemandirian Pesantren 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran (Humas) – Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Zulkifli didampingi Kasi PD Pontren, M.Harun Al Rasyid, hadir dalam pembukaan Expo Kemandirian Pesantren di Auditorium Prof Dr.H.Achmadi UIN Salatiga, Rabu, (18/10/2023).

Pembukaan Expo ditandai dengan tabuh rebana oleh Pj.Walikota Salatiga, Sinoeng Nugroho Rahmadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad dan Rektor UIN Salatiga, Zakiyuddin Baidhawy.

Expo Kemandirian Pesantren sendiri diikuti oleh 50 stand Pondok Pesantren dari Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Purworejo.

Usai pembukaan, Zulkifli menyempatkan diri melihat stand pameran yang ada. Mulai dari olahan makanan dan minuman, fashion, elektronik, alat- alat rumah tangga, hasil perkebunan, peternakan, kaligrafi yang menjadi ciri khas pesantren, nyatanya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Selain stand Expo, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai acara pendukung lainnya seperti konser musik religi gamelan orchestra Kiai Tapel, pertunjukan seni akustik, lomba vlog dan Santri Got Talent 2023.

Ditemui disela-sela kunjungan ke stand pameran, Kasi PD. Pontren Kankemenag Kab. Semarang, M. Harun Al Rasyid menyampaikan bahwa dalam Expo Kemandirian Pesantren ini, ada 13 pesantren dari Kabupaten Semarang yang membuat stand, yakni pesantren Al Irsyad, PP Edi Mancoro, PP Al Manshur, PP Al Harun, PP Gintungan, PP Darul Quddus, PP Huffadh Hasan Asy’ari, PP Al Mina, PP An Nur Pabelan, PP Al Huda Petak, PP Al Ikhsan dan PP Nurul Ulum.

“Alhamdulillah 13 pesantren kita turut serta memeriahkan Expo ini. Semoga apa-apa yang sudah dikembangkan dipesantren, bisa menyokong perekonomian pesantren itu sendiri,” kata Harun Al Rasyid.(shl/Sua)