Semarak Matsama MAN 1 Surakarta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2022/2023 (18-20/07/2022). MATSAMA hari pertama diawali dengan apel pembukaan yang dilaksanakan di halaman lokal barat MAN 1 Surakarta. Sejumlah 480 siswa mengikuti kegiatan MATSAMA. Pembukaan kegiatan MATSAMA juga dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru dan melibatkan organisasi yang ada di MAN 1 Surakarta. Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 ini dibuka secara resmi oleh Kepala MAN 1 Surakarta, H. Slamet Budiyono.

Kepala madrasah menyapa para peserta didik baru dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di MAN 1 Surakarta.

“MATSAMA bertujuan mengenal lingkungan madrasah berupa budaya, nilai dan sarana. Selain itu untuk menanamkan dan membentuk karakter siswa bermadrasah sehingga menumbuhkan perasaan bangga bersekolah di MAN 1 Surakarta karena alumni, prestasi dan segala pencapaian yang menginspirasi,” tutur Slamet Budiyono.

Usai sambutan dari kepala madrasah, rangakaian apel dilanjutkan dengan pelepasan balon dan kegiatan pemberian materi yang dilaksanakan di lapangan badminton.

Pada hari pertama MATSAMA materi yang disampaikan adalah karakter moderasi beragama oleh H. Muhammad Mashuri, SE.,M.Si. Materi yang disampaikan mengenai moderasi keberagaman menjadi manusia Indonesia toleran.

“Anak- anak harus bergaul, nek dolan sek adoh mulih seng esuk, maksudnya bergaul lintas komunitas, sektoral dan agama agar berwawasan luas sehingga tidak kerdil dalam berpikir ketika menerima berita atau menghadapi masalah,” ujarnya.

Ditambahkan, beliau sangat terkesan dan kegiatan ini merupakan kebutuhan bagi anak yang baru masuk di MAN yang menjadi satu pembekalan pentingnya moderasi beragama dan wawasan kebangsaaan. Diharapkan dapat dilakukan terus menerus secara terstruktur dan berkala agar terbentuk karakter yang matang dan dewasa dalam beragama dan bernegara.

Di sela pergantian penyampaian materi seluruh peserta diberi waktu istirahat dan melaksanakan sholat dhuha berjamaah. Setelah itu penyampaian materi kedua mengenai 4 pilar kebangsaan oleh Helmi Achmadi, SH dan materi ketiga mengenai proses pembelajaran di madrasah oleh Hj. Churun Maslachah.
Siswa sangat antusias mengikuti MATSAMA hari pertama. Kegiatan semakin samarak dengan berbagai doorprize untuk beberapa peserta dan acara ice breaking dengan menyanyikan lagu yang dibawakan oleh Muyasaras Laila Wibowo. Kegiatan MATSAMA hari pertama berjalan lancar dan selesai pada pukul 12.30 WIB.

Kesan dari peserta MATSAMA, seorang siswi baru asal sragen yang bernama Az Zahra Firdausa menyampaikan bahwa matsama kali ini merupakan matsama paling seru, keren dan memotivasi. Selain itu Raihan Ahmad dan Zelig Zaidan mengungkapkan rasa bahagia, senang dan bangga dapat masuk di MAN 1 Surakarta. (rsd/rf)