Semarang Rumah Kita Bersama, Karnaval Seni Budaya Lintas Agama dan Pawai Ogoh-Ogoh

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Bimas Hindu) – Pagelaran Karnaval Seni Budaya Lintas Agama dan Pawai Ogoh-Ogoh diikuti sebanyak 1.500 peserta gabungan dari berbagai komunitas seni budaya, agama, penghayat, berbagai komunitas etnis Kota Semarang di Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu, (31/4/2023)

Pawai dan festival tersebut terselenggara atas kerja sama Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Disbudapar Kota Semarang dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-476 Kota Semarang.

Kegiatan itu dibuka oleh Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali. Festival ini sekaligus wujud upaya memelihara kerukunan antar umat beragama di ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah I Dewa Made Artayasa mewakili Dirjen Bimas Hindu RI turut hadir, acara tersebut juga dihadiri oleh Kajati Jateng I Made Suanarwan, Kakanwil BNI 46 Jateng IGN Darma Putra (Gustra), Ketua PHDI Jateng Anak Agung Ketut Darmaja, Ketua Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang KH. N. Mustam Aji, Ketua PHDI Kota Semarang sekaligus Wakil FKUB Kota Semarang I Nengah Wirta Dharmayana, Ketua Pantia Ananta Wijaya.

Penonton acara itu membludak sepanjang rute pawai start di Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran dan finish di Simpanglima. Bahkan Simpanglima ada penampilan sendratari Roro Jongrang dari Sanggar Seni Saraswati.(Hindu/Sua)