Serempak di 3000 Desa Wisata, Pemerintah Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan Jadi Penunjang Layanan Destinasi Wisata

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Upaya jemput bola untuk memudahkan para pelaku usaha, hari ini Sabtu (4/5/2024), serentak di 34 Provinsi se – Indonesia digelar Akselerasi Sertifikasi Halal Produk makanan dan minuman. Melalui “Pendampingan Sertifikasi Halal di 3000 Desa Wisata” menjadi rangkaian dari Wajib Halal Oktober 2024 (WHO-2024).

Kerjasama antara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) dan Kedeputian Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus bergulir dalam rangka implementasi kewajiban sertifikasi halal pada 18 Oktober 2024 mendatang.

Desa Wisata Kandri Kota Semarang menjadi salah satu perwakilan Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Aula Kelurahan Kandri Kecamatan Gunung Pati, Semarang, para pelaku usaha yang hadir nampak antusias mengikuti rangkaian acara. Secara daring seluruh peserta mengikuti zoom meeting dengan BPJPH Pusat.

“Harapannya, kolaborasi luar biasa ini mampu membangun ekosistem percepatan sertifikasi halal nasional yang terus berkelanjutan di seluruh Provinsi di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Sehingga produk oleh-oleh, makanan minuman khas daerah yang menjadi penunjang layanan destinasi wisata di seluruh Indonesia dapat terjamin mutu kualitasnya karena sudah bersertifikat halal,” tutur Ketua Satgas Halal Prov. Jateng Wahid Arbani.

Hari ini pula, berlangsung sosialisasi edukasi oleh Satgas Halal Kota Semarang melalui lima aktivitas, yakni: (1) Kampanye Wajib Halal Oktober 2024, (2) Sosialisasi dan Edukasi Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha, (3) Layanan Pendaftaran Sertifikasi Halal on the spot atau di lokasi, (4) Layanan Konsultasi Jaminan Produk Halal, dan (5) Coaching Clinic.

Selain itu terdapat layanan on the spot untuk pendaftaran sertifikasi halal dan pembuatan Nomor Induk Berusaha. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Sertifikat Halal yg telah terbit kepada para pelaku usaha. Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan BPJPH Kemenag RI, Kepala Kankemenag Kota Semarang, Camat Gunungpati,  Lurah Kandri, Satgas Halal Prov. Jateng dan Kota Semarang, LP3H UIN Walisongo, P3H, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Kota Semarang dan DPMPTSP Kota Semarang.

    (PS/BEL)