SiJarimas , Launcing Aplikasi TARJIPAT & PINTERMAS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas kembali membuat gebrakan baru , dua aplikasi pelayanan kepada masyarakat di launcing . Tarjipat ( Daftar Haji Cepat ) dan Pintermas (Pusat Informasi Terpadu Masyarakat Banyumas) dilauncing secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, launcing tersebut dilakukan pada saat acara Si Jarimas yang diadakan di Masjid Al Islah Desa Banjaranyar  Kecamatan Sokaraja Jumat (19/08)

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, Kasubag TU , Kasi , Penyelenggara Zawa , Kapolsek Sokaraja, Camat Sokaraja , Perwakilan BSI , Kepala KUA Sokaraja, DWP Kantor Kemenag Banyumas , Penyuluh serta masyarakat Desa Banjaranyar Sokaraja.

Pintermas (Pusat Informasi Terpadu Masyarakat Banyumas) adalah layanan terpadu berbasis nomer Whatsapp, dimana masyarakat tinggal mengetikan kata INFO dikirim ke 0896-0192-0908 . Nanti akan keluar semua jenis layanan dari semua seksi yang ada di kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, proses ini akan berjalan cepat dan dapat dilakukan dari manasaja.

Camat Sokaraja Lukman , dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada kepala kantor Kemenag Kabupaten Banyumas atas undangannya di detik detik terakhir sebelum memasuki masa pensiun yang tinggal 11 hari lagi.

“ Kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan Si Jarimas, Ini kesempatan yang langka bapak ibu sekalian, karena akan mempermudah masyarakat dalam menyampaikan permasalahan – permasalahan serta mencari informasi yang dibutuhkan terkait dengan pelayanan haji dan pelayanan lainnya yang ada di kantor Kemenag dapat disampaikan secara langsung saat ini, ” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut kepala Kantor Kemenag bersama Forkompincam Sokaraja dan Kasi menyerahkan  bantuan untuk  masjid sebesar Rp. 1.5 jt , bantuan   sembako bagi 20 orang  dan santunan masing – masing  Rp. 100 ribu serta  Wakaf Al Quran  sebanyak 10 buah.

Kakan Kemenag juga menyerahkan sertifikat produk halal bagi 7 UMKM di Banyumas , sertifikat arah kiblat bagi 8 masjid , Ijop bagi 3 majelis taklim dan 12 Ijop bagi Pondok Pesantren.

Sementara itu H. Aziz Muslim saat sambutan menyampaikan bahwa kegiatan Si Jarimas merupakan program unggulan kantor  Kemenag kabupaten Banyumas, mudah-mudahan ini sebagai wasilah bagi kami untuk dapat menampung aspirasi masyarakat Banyumas,” terangnya.

“ Sewaktu waktu kami juga akan melakukan kegiatan Si Jarimas ditempat ibadah lain, Karena Kantor Kementerian Agama bukan utuk agama islam saja, akan tetapi semua agama ada disitu. Program ini digelar dalam rangka menyampaikan dan mensosialisasikan layanan layanan yang ada di kantor Kemenag Banyumas.”

“ Misalnya dari seksi Bimas melayani pernikahan , arah kiblat , bimbingan perkawinan termasuk di Kantor Urusan Agama. Kalau selama ini KUA tahunya hanya urusan pernikahan saja, padahal di KUA multi layananan seperti konsultasi zakat , konsultasi hukum, rekomendasi, arah kiblat dan lain sebagainya.”

“ Kami juga sudah melakukan MOU dengan imigrasi terkait pengurusan passport , di MPP Purwokerto sudah dapat dilayani dari hari Senin – Jumat. Semua informasi tersebut juga dapat dilakukan melalui Pintermas di nomer Whatsapp di 0896-0192-0908. “ pungkasnya.

Program Si Jarimas diadakan setiap bulan secara bergilir di masing – masing kecamatan ,  harapannya dengan adanya Si Jarimas kantor Kemenag Banyumas dapat melayani masyarakat lebih dekat. (tum/rf)