Siswa MTsN 2 Banjarnegara Raih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam ajang penulisan karya ilmiah bidang matematika, sains dan teknologi tahun 2023 yang diselenggarakan oleh KRESNA dan diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya dari MTs N 2 Banjarnegara yang mengirim satu tim (Safa Anya Parahita dan Adelia Tungga Dewi)

Ajang yang diumumkan pada Rabu (12/07) ini perwakilan dari MTs N 2 Banjarnegara  mengambil judul penelitian “Identifikasi Hama Tanaman Padi (Oriza Satifa L) Dengan perangkap Cahaya Di Desa Sempol Wonosobo”, ). Dengan mengambil judul penelitian tersebut dan melalui tahapan presentasi akhirnya perwakilan MTs N 2 Banjarnegara berhasil menjadi pemenang dan meraih medali emas.

Safa Anya Parahita saat ditemui disela-sela pemberian penghargaan dari madrasah mengatakan alasan mengangkat judul tersebut dalam penelitian, karena hama dalam padi biasanya dihilangkan dengan cara disemprot dengan pestisida, sedangkan ada cara yang bias memanfaatkan cahaya matahari dengan cara membuat perangkap cahaya.

Lebih lanjut Safa juga menjelaskan dengan penelitian ini diharapkan bias membantu masyarakat tempat tinggalnya dalam memberantas hama padi.

“Dengan penelitian saya berharap masyarakat tempat tinggal saya bias memberantas hama padi dengan memanfaatkan perangkap cahaya sehingga hasil panen bias lebih banyak,” Ungkap Safa sebagai salah satu tim perwakilan dari tim, Kamis (13/07).

Sementara itu Ismiana salah satu guru pendamping dari Safa dan Adelia mengatakan bahwa butuh waktu dalam melakukan penelitian tersebut untuk mengetahui hasilnya dan dipresentasikan.

“Kami membutuhkan waktu sekitar 1 bulan lebih untuk melakukan penelitian tersebut dengan cara bekerjasama dengan petani yang ada di desa sempol Wonosobo, dan alhamdulillah penelitian kami bisa selesai tepat waktu,” ungkap guru mata pelajaran IPA tersebut. (ib/rf)