Soft Launching Desa Sadar Kerukunan Linggo Asri Kajen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- (Kajen) Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pekalongan, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kabupaten Pekalongan, Moh. Irkham, menghadiri kegiatan Soft Launching Desa Sadar Kerukunan Tahun 2023 di Desa Linggo Asri Kecamatan Kajen, Senin (20/03/2023)

Dalam sambutannya Moh. Irkham menyampaikan tentang program unggulan Kementerian Agama diantaranya moderasi beragama dan tahun toleransi beragama. Ia juga menyampaikan juga tentang tahapan rencana pembetukan Kampung Moderasi Beragama (KMB) tahun 2023. Insya Allah salah satunya Desa.Linggoasri.

Menurut Irkham, moderasi beragama sebagai program unggulan Kementerian Agama tidak hanya mengenai suasana rukun antar pemeluk agama saja, tetapi bagaimana dapat memberikan edukasi dan bimbingan kepada masyarakat agar kerukunan tertanam dalam kesadaran masyarakat sehingga kerukunan yang tercipta sikap toleransi yang tampak memang benar-benar tumbuh dari kesadaran masing-masing individu bukan semata-mata karena ada instruksi dari pemerintah dan bersifat formalitas belaka

Sedangkan kampung moderasi adalah suatu istilah yang menggambarkan daerah atau tempat dalam wilayah tertentu dalam lingkup RT RW atau kelurahan / desa yang masyarakatnya terdiri atas beberapa perbedaan terutama dari aspek kepercayaan, keyakinan agama, ras atau lainnya, dengan penuh kesadaran menerima perbedaan yang ada karena pemahaman terhadap keagamaannya yang moderat, untuk dapat memberikan kemaslahatan bagi diri, lingkungan dan masyarakat sehingga tercipta kerukunan, toleransi dan harmonis.

Dan Kampung moderasi beragama yang digagas oleh Kementerian Agama merupakan gerakan jaka panjang, kampung moderasi beragama bukan progam yang kita kerjakan sekali lalu selesai. ini adalah gerakan yang panjang bukan sekali kegiatan, “pungkasnya.

Acara dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan (SK) Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah tentang Susunan Pengurus Desa Sadar Kerukunan  oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Moh. Irkham dan penyerahan SK kepada Ketua pengurus Desa Sadar Kerukunan disaksikan Asisten Pemerintahan Pemkab Kabupaten Pekalongan, Toto Budi Mulyanto. (Moh.Irkham/MTb/bd)