Sosialisasi Perekaman Biometrik Melalui Aplikasi Saudi Visa Bio Kankemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh mengadakan kegiatan Sosialisasi Perekaman Biometrik melalui aplikasi Saudi Visa Bio, bertempat di Aula PLHUT, Senin, (3/4).

Dalam arahannya, Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Eko Widodo menyampaikan bahwa aturan dan kebijakan dari pemerintah melalui Dirjen PHU agar dapat dipahami dan dipedomani bagi seluruh jamaah haji Kabupaten Temanggung.

Sesuai dengan surat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah perihal Persiapan Teknis Perekaman Biometrik Jemaah Haji Via Aplikasi Saudi Visa Bio, disampaikan bahwa tujuan perekaman data biometrik ini adalah untuk kemudahan dan keamanan jemaah, mulai dari kedatangan hingga pemulangan. Selanjutnya perekaman data biometrik sebagai syarat visa haji yang berlaku bagi seluruh jamaah haji Indonesia.

“Perekaman biometrik dimaksud dapat dilakukan mandiri, menggunakan aplikasi Saudi Visa Bio dan dapat pula dilaksanakan secara kolektif, yang dikoordinasikan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota,“ tuturnya..

Jamaah yang ingin melakukan perekaman data biometrik secara mandiri agar melapor kepada petugas Kabupaten/Kota dengan menyertakan surat pernyataan bermaterai, surat pernyataan tersebut sebagai dasar bagi petugas tidak melakukan perekaman data biometrik jamaah yang bersangkutan.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti sebanyak 5 orang peserta dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh yang terdapat di Kabupaten Temanggung dan perwakilan jamaah haji yang akan berangkat tahun 2023.

Diakhir sambutannya Kasi PHU berharap “semoga dengan hadirnya aplikasi ini dapat mempermudah jamaah haji dan umrah setibanya di Arab Saudi, karena hanya perlu mencocokkan data mereka tanpa perlu mendaftarkan ulang data biometrik mereka, yang akan memudahkan mereka masuk melalui penyeberangan perbatasan.” tutupnya.(sr/rf)