Terapkan Pola Hidup CERDIK, Kurangi Resiko Hipertensi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sukoharjo (Humas) – Dalam Rapat Kerja (Raker)  Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kab/Kota se – Jateng pada hari Senin (13/03),  Dr. Enjang Dwiwuri Yuliani dari ….  menganjurkan untuk mengukur tekanan darah secara rutin di rumah selain di rumah sakit untuk memantau kondisi kesehatan. Ia menilai saat ini sudah ada alat pengukur tekanan darah dengan harga terjangkau agar orang bisa memantau kesehatan di rumah.

Penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi.

Gejala tersebut ditandai dengan meningkatkan meningkatkan darah distolik dan diastolik.

Seseorang mengalami hipertensi jika tekanan sistoliknya lebih dari 140 mm/Hg dan tekanan darah diastoliknya lebih dari 90 mm/Hg.

“Menurut WHO, diperkirakan 1,28 miliar orang dewasa berusia 30 hingga 79 tahun di seluruh dunia menderita hipertensi,” tutur Dr. Enjang.

Hipertensi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, otak, ginjal, dan penyakit lainnya dan merupakan penyakit yang menjadi penyebab utama kematian dini di seluruh dunia.

Dalam arahannya, Dr. Enjang menyampaikan bahwa untuk mengurangi Hipertensi dengan melakukan pola CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres. (D/Rf)