Tertibkan Administrasi Guru, Mimau Adakan Supervisi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dalam meningkatkan kualitas di setiap pembelajaran, guru dituntut salah satunya selalu tertib akan administrasi yang seharusnya dipersiapkan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar. Untuk itu dilaksanakan supervisi administrasi guru sebagai tolak ukur dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan supervisi administrasi guru sebagai upaya mewujudkan proses belajar inovatif. Hari ini MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo yang dikenal dengan sebutan MIMAU, melaksanakan supervisi guru, Sabtu (27/08).

Supervisi ini dilaksanakan oleh Kepala Madrasah dan menugaskan kepada guru senior pula, mengingat jumlah guru yang tidak sedikit. Kegiatan ini dilaksanakan di luar jam mengajar guru. Ada yang setelah mengajar, ada pula yang terjadwal saat kelasnya diisi guru mapel. Pelaksana supervisi administrasi guru terbagi dalam 4 kelompok, yakni guru senior disupervisi langsung oleh kepala madrasah dan guru – guru lainnya disupervisi oleh guru senior yang telah mendapatkan surat tugas.

Adapun daftar pelaksana supervisi oleh guru senior, yaitu Tismiatin bertugas menyupervisi Ana dan Nuri. Kemudian Susri Anti bertugas menyupervisi Hamdan dan Dina dan Umu Khamidah bertugas menyupervisi Utari dan Fitri. Setiap minggunya tepatnya setiap Sabtu, setelah mengajar guru – guru dichek buku administrasinya oleh mereka.

“Administrasi guru yang terdiri dari buku kerja 1, 2, 3 dan 4. Materi ini telah disampaikan pula oleh pengawas madrasah pada saat Upgrading. Selanjutnya kami berharap ada tindaklanjut dari Upgrading selama sepekan kemarin, yaitu lebih tertib dalam administrasi guru,” jelas Wahyul selaku Kepala Madrasah.

Secara bergantian, guru – guru menuju meja masing – masing supervisor untuk dichek kelengkapan dan ketepatan dalam mengisi buku administrasi guru.

“Alhamdulillah, setelah kami chek administrasi guru mulai dari Silabus, Prota dan Promes serta RPP semua guru telah menyiapkannya. Namun masih perlu dilengkapi beberapa item saja. Dan cara mengisi kolom pada prota ataupun promes juga kami ajarkan terutama guru – guru yang baru masuk tahun pelajaran ini.”, terang Tismi. (nf/wk/rf)