Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas, Pembina Pramuka Mascot Ikuti Kursus Penguji Prada

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Peningkatan kapasitas dan kualitas guru khususnya bidang kepramukaan menjadi perhatian khusus lembaga pendidikan MTs. Cokroaminoto Tanjungtirta (Mascot) kecamatan Punggelan kabupaten Banjarnegara. Lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan YPI Cokroaminoto Cabang Banjarnegara ini menjadikan pendidikan  kepramukaan sebagai salah satu program prioritas yang dikembangkan untuk membentuk karakter kepemimpinan siswa. 

Wujud keseriusan mascot dalam merealisasikan program prioritas tersebut dilaksanakan dengan mengirimkan satu pembina pramukanya untuk mengikuti kegiatan kursus penguji Pramuka Garuda (Prada)  selama tiga hari yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banjarnegara.

Kegiatan yang digelar di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Banjarnegara tanggal 13-15 September 2022 ini diikuti oleh 72 Pembina Pramuka dari berbagai pangkalan MTs/SMP Negeri dan swasta, dengan menghadirkan pelatih dari Pusdiklatcab, Banjarcahyana.

Aris Sudaryanto selaku Ketua Kwarcab mengatakan  bahwa Kursus tersebut diharapkan semakin banyak melahirkan Pramuka Garuda di Banjarnegara yang nantinya dapat mengangkat kredibilitas gerakan Pramuka dan menjadikan pola pembinaan Pramuka dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan sesuai prosedur yang telah ditentukan.

“Kursus Penguji Pramuka Garuda ini diharapkan semakin banyak melahirkan Pramuka Garuda di Banjarnegara yang nantinya dapat mengangkat kredibilitas gerakan Pramuka dan menjadikan pola pembinaan Pramuka dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan sesuai prosedur yang telah ditentukan.” Ucap Aris.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang telah melahirkan 79 Prada, Mascot berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas para pembinanya melalui diklat kepramukaan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga yang berkompeten dibidangnya, dengan harapan mereka akan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperolehnya untuk memajukan gerakan pramuka di gudep mascot sehingga kedepan Mascot benar-benar mampu mewujudkan cita-cita membentuk siswa yang berkarakter kepemimpinan dan meraih predikat sebagai Gudep Mantap.

Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan Kamabigus Mascot Leken Setyadi saat memberikan pembekalan pada Rofingatun Widiyanti salah satu pembina yang diberangkatkan untuk mengikuti diklat.

“Kita berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas para pembina pramuka mascot  melalui diklat kepramukaan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga yang berkompeten dibidangnya dengan harapan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh dapat diterapkan untuk memajukan gerakan pramuka di gudep mascot yang kita cintai ini, sehingga kedepan mascot benar-benar mampu mewujudkan cita-cita membentuk siswa yang berkarakter kepemimpinan dan meraih predikat sebagai Gudep Mantap,” ucap Leken.  

Berdasarkan pada jadwal kegiatan, peserta akan mendapatkan materi yang terbagi dalam beberapa tahapan yaitu orientasi, penguatan, penerapan, dan pengukuhan Pramuka Garuda dengan total waktu sejumlah 39 jam baik teori maupun praktik. (rw/ak/rf).