Tingkatkan Skill, Mts. N 3 Banyumas gelar eksibisi olahraga dan seni-budaya tingkat SD dan MI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Banyumas(Humas)-Dalam rangka penerimaan peserta didik baru, perlu dilakukan kegiatan sosialisasi secara teratur dan terus menerus, baik melalui brosur, spanduk, pamaparan visi dan misi Madrasah, cerita maupun lomba. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Lomba Tari Kreasi dan Lomba Senam Irama bagi siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah sebagai sarana yang bertujuan untuk memperkenalkan MTs Negeri 3 Banyumas dan menjaring calon peserta didik baru.

Kegiatan lomba Tari Kreasi dan Senam Tingkat SD/MI yang berada di wilayah Kecamatan Sumbang, Kecamatan Padamara dan Kecamatan Kembaran yang dilaksanakan di halaman MTs Negeri 3 Banyumas desa Silado, Sumbang pada hari Selasa (16/5/2023) diikuti oleh 14 Team Tari Kreasi dan 11 team Senam Irama dari 14 SD/MI untuk Lomba Tari diikuti oleh 3 sampai 10 orang peserta setiap team sedangkan untuk Senam diikuti oleh 10 orang peserta setiap teamnya.

Amir Hidayat selaku Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum mewakili Kepala Madrasah dalam sambutan pembukaan lomba menyampaikan untuk tahun pelajaran 2023/2024 ini MTs Negeri 3 Banyumas akan menambah 2 Kelas Khusus.

“Yaitu kelas Seni Budaya dan Kelas Olah Raga selain kelas yang sudah ada yaitu kelas Tahfidz dan Kelas Akademik. Untuk kelas seni budaya menitik beratkan pada bidang tari, vokal, band, dan seni islami, sedangkan kelas olah raga akan menitik beratkan bidang atletik, voly, sepak bola, pingpong, futsal dan Marching Band sesuai dengan bakat dan minat siwa,”kata Amir.

Selain itu dalam kegiatan kali ini juga menampilkan hasil karya siswa siswi kelas 7 dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam memanfaatkan barang bekas dari plastik dan memanfaatkan limbah enceng gondok.
Kegiatan lomba kali ini dimulai pukul 08.30 WIB dan selesai pukul 13.00 WIB, setiap peserta di beri waktu untuk tampil minimal 7 menit dan maksimal 10 menit. Selain peserta lomba juga diselingi tampilnya siswa siswi MTs Negeri 3 banyumas untuk menampilkan seni tari dan seni musik berupa Band.

Disela-sela kegiatan, Katam, S.Pd. selaku kepala SD Negeri Karangturi menyampaikan sangat bangga dan mendukung kegiatan ini karena kegiatan ini masih langka diadakan di wilayah Banyumas juga merasa bahwa kegiatan lomba sesuai dengan FLS2N dan SO2N jadi sambil menyelam minum air satu kegiatan bisa untuk ajang lomba lebih dari satu, kalau bisa juara di ajang yang satu dan tidak dapat di ajang yang lain kan lumayan.

“Kegiatan ini penting sebagai ajang persiapan untuk mengikuti lomba di ajang yang lainnya. Sudut pandang lomba jangan memakai sudut pandang kita sebagai orang dewasa, mungkin kita orang dewasa melihat kegiatan semacam ini hal yang biasa namun bagi anak didik kegiatan ini sangat berarti dalam hidupnya kelak dan memorinya akan diingat sepanjang masa,”ungkapnya.

Di kesempatan terpisah Syarief Hidayat,  selaku Kepala Madrasah sangat berterima kasih atas partisipasi dari SD/MI yang mengikuti lomba.

“Saya ucapkan terimakasih dan selamat bagi yang juara dan jangan putus asa atau kecewa bagi yang belum juara semoga di lain kesempatan bisa mendapatkan kejuaraan dan berharap sangat kedepannya banyak siswa siswi yang bergabung di MTsN 3 Banyumas untuk mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik sesuai bakat dan minatnya,”tuturnya.

Informasi hasil kegiatan lomba kali ini Juara untuk lomba Tari Kreasi adalah Juara I dari SD Negeri Karangturi (team2) dengan total nilai 264,55, Juara II MIN 3 Banyumas (team 2) total nilai 263,20 Juara III SD Negeri 2 Kalitinggar total nilai 261,40. Sedang untuk lomba Senam Irama Juara I dari SD Negeri 2 Kebanggan total nilai 270,15, juara II MIN 3 Banyumas total nilai 269,85 dan juara III dari MIMA Banteran dengan total nilai 267,45.(ry/rf).