Upacara HUT RI Ke-78 di MTs N 1 Pekalongn Diwarnai Baju Adat dan Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KEDUNGWUNI — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78, MTs N 1 Pekalongan menggelar upacara yang meriah dan penuh makna. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa, dewan guru, dan karyawan madrasah, yang turut memadati halaman madrasah sejak pagi hari. Kamis (17/8/2023).

Pantauan media ini, Upacara dimulai setelah kegiatan sholat dhuha bersama selesai sekitar pukul 07.30 WIB. Pelaksanaan upacara hari jadi RI tersebut berjalan lancar dan hikmat dan bertindak sebagai Pembina Upacara, Drs. H. Mukhlisin, Dip.Ed., selaku Kepala MTs N 1 Pekalongan. Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTs N 1 Pekalongan turut berperan sebagai petugas upacara bertanggung jawab atas pengibaran bendera merah putih.

Upacara juga mengikuti arahan Dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan , dimana mulai Kepala madrasah, Guru maupun Pegawai memakai pakaian adat sebagai wujud kearifan lokal, sedangkan para siswaa-siswi diwajibkan memakai pakaian sekolah dan mengenakan topi serta berdasi.
Masih pengamatan jurnalis madrasah, upacara juga ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dan mengheningkan cipta yang di iringi oleh marching band Gita Perdana, pembacaan Teks Pancasila, pembacaan Teks Proklamasi, dilanjutkan amanat Kepala MTs N 1 Pekalongan serta ditutup pembacaan doa.

Dalam amanatnya, Bapak H. Mukhlisin mengutip sambutan Menteri Agama RI pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Kementerian Agama. Isi amanat tersebut mencerminkan semangat kemerdekaan, kemajuan, dan komitmen untuk memajukan bangsa. Bapak Mukhlisin juga menekankan pentingnya mengisi kemerdekaan dengan kinerja terbaik untuk mendorong Indonesia menuju kemajuan.

Amanat tersebut juga mengajak semua pihak, terutama kementerian pendidikan, untuk meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia. Selain itu, nilai-nilai toleransi, koeksistensi, dan harmoni umat beragama juga menjadi fokus dalam amanat tersebut, dengan Kementerian Agama diberi tanggung jawab untuk menjaga kerukunan.

Dengan semangat kemerdekaan yang berkobar dan komitmen untuk mewujudkan Indonesia yang maju, peringatan HUT RI ke-78 di MTs N 1 Pekalongan menjadi momen yang memotivasi seluruh peserta untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Semangat tersebut membuktikan bahwa semangat perjuangan para pendahulu tetap hidup dan menerangi masa depan Indonesia.
Setelah pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-78, dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan hadiah lomba juara 1 Matematika dan juara 1 IPA KSM tingkat Kabupaten dan hadiah peringkat paralel kelas 7 dan 8 raport semester genap.(IY, US/MTb/bd)