Upacara Penghormatan Bendera Wujud Nasionalisme ASN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tegal – Upacara penghormatan bendera yang dilaksanakan pada tanggal 17 di setiap bulannya merupakan salah satu wujud rasa nasionalisme ASN. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, H. Ahmad Muhdzir saat menjadi inspektur upacara, senin (17/05/2023).

Dalam amanatnya Muhdzir mengingatkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mempunyai jiwa nasionalis yang dibalut rasa syukur. “Kegiatan upacara penghormatan bendera ini bukan hanya sekedar formalitas, namun sebagai perwujudan rasa nasionalis kita terhadap bangsa Indonesia. Kita juga harus bersyukur karena kita dilahirkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini” tuturnya.

Muhdzir juga mengajak seluruh ASN untuk menerapkan core value ASN, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif. “Sebagai ASN, kita harus menerapkan core value ASN dengan baik. Seluruh ASN di Indonesia memiliki core value yang sama yaitu Ber-Akhlak yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif” ujarnya

lebih lanjut, Muhdzir memaparkan bahwa sebagai pelayanan masyarakat, ASN harus mampu menerapkan prinsip “Ber-Akhlak” dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. “ASN yang ber-Akhlak artinya bapak/ibu harus akuntabel, artinya pekerjaannya dapat dipertanggungjawabkan baik itu secara administratif maupun non-administratif. Lalu, Kompeten dalam mengerjakan tugas pokok dan fungsinya, Harmonis dalam berinteraksi sebagai tim, Loyal terhadap negara dan pimpinan, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, serta mampu berkolaborasi baik itu secara internal maupun secara eksternal” tutupnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Urusan Agama Kecamatan Tegal Timur ini, diikuti oleh seluruh ASN kankemenag Kota Tegal beserta seluruh pegawai KUA Kecamatan se-Kota Tegal (arnw/bd).