Wujudkan Keluarga Kuat, Kokoh, Menuju Keluarga Samawa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – KUA Kecamatan Kedu menggelar pelaksanaan Bimbingan Perkawinan (Binwin) Pra Nikah yang diikuti 25 pasang calon pengantin. Acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari pada Selasa dan Rabu, 19 dan 20 Juli  2022 bertajuk Wujudkan Keluarga Kuat, Kokoh, menuju keluarga Samawa, yang berlangsung di balai nikah KUA Kecamatan Kedu.

Dalam Binwin ini diberikan sejumlah materi,yaitu : Tentang Kebijakan Kemenag terkait Binwin, mempersiapkan keluarga sakinah, mempersiapkan generasi berkualitas,  kesehatan reproduksi, refleksi dan post test. Adapun narasumber, selain diambil dari ASN yang sudah mendapatkan bimtek dan pelatihan di lingkungan Kemenag sendiri, juga dihadirkan pemateri/narasumber dari Puskesmas yang memberikan materi tentag kesehatan reproduksi dan PLKB.

H. Munsiri selaku Kasi Bimas Islam dan juga narasumber dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara kegiatan Binwin tersebut, dirinya menjelaskan,bahwa Binwin ini sangat penting mengingat tingkat perselisihan, perceraian dan KDRT terus meningkat, maka diperlukan untuk peningkatan ketahanan keluarga.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dari Binwin ini adalah supaya bisa memberikan manfaat bagi calon pengantin,sehingga diharapkan kehidupan pasca nikah nanti dapat mewujudkan keluarga yang  Sakinah mawaddah warahmah (Samawa).

Selain itu, H. Munsiri juga mengatakan bahwa tujuan Binwin yang lain adalah untuk mempersiapkan keluarga yang kuat, kokoh sesuai dengan kebijakan pemerintah sebagai dasar Binwin, yaitu UU Nomor 1 tahun 1974 dan Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun1975.

Menutup sambutannya, kepala KUA mengharapkan agar supaya hasil dari Binwin ini dapat diterapkan dalam kehidupan berumahtangga, sehingga apa yang di cita-citakan oleh semua pasangan suami istri yaitu keluarga sakinah dapat terwujud. Diakhir kegiatan Binwin seluruh peserta diberikan sertifikat, buku panduan dan masker 2 pasang dari Kementerian Agama. “Semoga ilmu yang telah diberikan dari para Narasumber menjadikan bekal bagi catin dan pengantin baru supaya dalam mengarungi rumah tangga yang baru selalu mendapatkan hidayah dari Alloh SWT menjadi keluarga yang bahagia, kekal abadi, keluarga yang Sakinah Mawaddah, Warohmah dan penuh berkah serta selamat dunia akhirat,“ pungkasnya.(sr/rf)