Yuk Semarakkan Kompetisi Walikota Cup Tingkat Pelajar Kota Pekalongan 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) setempat kembali menggelar kegiatan kompetisi olahraga Walikota Cup tingkat pelajar Kota Pekalongan di Tahun 2023 ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 17-25 Mei 2023 di Gor Jetayu Kota Pekalongan.

Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, M Sahlan melalui Plt Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Endro Triatmo menjelaskan bahwa, Walikota Cup tingkat Pelajar Kota Pekalongan yang tahun 2022 lalu dilaksanakan di Bulan November, kini di Tahun 2023 kembali digelar di pertengahan Bulan Mei yakni tanggal 17-25 Mei 2023. Hal ini dilakukan agar kegiatan tidak menumpuk dan bersamaan dengan pelaksanaan event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA).

“Di Bulan Mei ini ada Walikota Cup kemudian di Bulan September dilaksanakan event POPDA tingkat Kota Pekalongan Tahun 2023. Alhamdulillah, Pemerintah Kota Pekalongan bisa memfasilitasi upaya pembinaan dan peningkatan prestasi atlet Kota Pekalongan melalui event kompetisi olahraga pelajar baik melalui Walikota Cup maupun POPDA,” terang Endro saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (10/5/2023).

Endro menyebutkan, dalam kompetisi Walikota Cup tingkat pelajar Kota Pekalongan ini ada penambahan 1 cabang olaraga (cabor) yaitu bola basket dari pelaksanaan Walikota Cup Pelajar sebelumnya yang hanya 5 cabor. Sedangkan, pelaksanaan kompetisi di tahun 2023 ini ada 6 cabor yang dilombakan yaitu lari estafet, panahan, bola voli, sepak takraw, futsal, dan bola basket. Masing-masing cabor ada yang diperuntukkan perseorangan dan beregu. Bagi pelajar sekolah yang berminat mengikuti kompetisi ini, pendaftaran ditutup tanggal 11 Mei 2023.

“Kami sudah sosialisasikan ke sekolah-sekolah sejak sebulan lalu. Siswa yang berminat mengikuti harus berkoordinasi dengan sekolahnya untuk mendaftarkan melalui masing-masing panitia pelaksana (panpel) paling lambat tanggal 11 Mei 2023. Kemudian, di tanggal 12 Mei nya dilaksanakan temu tekhnik di Gor Jetayu Pekalongan,” paparnya.

Disampaikan Endro, kegiatan kompetisi Walikota Cup tingkat pelajar Kota Pekalongan diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA. Dimana, untuk tingkat pelajar SD diperuntukkan bagi siswa/siswi kelahiran tahun 2010, jenjang SMP minimal kelahiran  tahun 2007, dan jenjang SMA untuk kelahiran minimal tahun 2004.

Lanjutnya, adapun untuk venue lomba  diantaranya untuk cabor lari estafet di Stadion Hoegeng, cabor bola basket di MAN Insan Cendekia, dan cabor panahan di SMP N 14 Pekalongan, dan sisa cabor lainnya di Gor Jetayu Pekalongan.

“Alhamdulillah Walikota Cup tahun lalu antusias peserta sangat banyak, kami berharap di pelaksanaan event serupa di Tahun 2023 ini jumlah peserta bisa lebih banyak lagi, karena bagi mereka yang menang akan mendapatkan piagam, piala, dan uang pembinaan,” tandasnya. (Tim KP Pemkot/Ant/bd).