Dirjen Pendis Resmikan Gedung Asrama MIN 1 Banyumas

PURWOKERTO – Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin meresmikan pembangunan asrama MIN 1 Banyumas pada Selasa (24/4) lalu usai membuka Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) ke VII PTKIN se Jawa Madura di IAIN Purwokerto.

“Kehadiran beliau untuk meninjau persiapan pembangunan gedung MIN melalui dana SBSN, juga sekaligus meresmikan asrama,” ujar Kepala MIN 1 Banyumas, Sabar Munanto.

Sabar menjelaskan bahwa MIN 1 Banyumas telah menerapkan pembelajaran model berasrama bagi siswa kelas 6 sejak tahun 2009. Inovasi ini dikembangkan untuk meningkatkan kualitas lulusan siswa MIN 1 Banyumas baik dari sisi nilai akademis maupun penerapan nilai-nilai ajaran Islam. Asrama pada tahun 2009 hingga 2010 menyewa di rumah warga sekitar madrasah, tahun 2011 hingga 2016 menyewa di pondok pesantren As Suniyah Sokaraja, dan sejak 2017 hingga sekarang menyewa di gedung eks SMK Serayu Purwokerto.

“Alhamdulillah dengan segenap kemampuan dan berkat kemauan yang kuat dari segenap stakeholder, gedung asrama dapat terbangun di lokasi kampus baru MIN 1 Banyumas. Ini hasil dari jariyah orang tua, guru dan juga anak-anak yang rajin berjariyah dua ribu rupiah setiap hari,” ungkap Sabar.

Kamaruddin Amin mengungkapkan bahwa ia baru kali pertama mengunjungi madrasah ibtidaiyah negeri.

“Ada 72 ribu lebih madrasah dan RA, dan seingat saya ini baru pertama kali saya datang ke MIN,” ujarnya. Ia berharap MIN 1 Banyumas bisa menjadi madrasah yang memberikan kontribusi untuk mencerdaskan anak bangsa secara signifikan dan fundamental. Ia berpesan kepada para siswa untuk menjadi anak yang pekerja keras dan berkomitmen.

“Anak-anak saat ini bisa menjadi apa saja yang kalian mau. Mau jadi pilot, dokter, ulama, ustadz, kyai, lawyer, guru, pengusaha, atau apa saja. Syaratnya satu, kalian mau bekerja keras. Punya semangat dan komitmen. Jangan lupa berdoa tentunya,” pesan Kamaruddin.(ak/bd)