Gandeng Nyalanesia Indonesia, Gerakan Menulis MTsN 2 Wonosobo Kembangkan Karakter Siswa

Wonosobo – Guna meningkatkan literasi siswa madrasah, MTsN 2 Wonosobo bekerjasama dengan Nyalanesia Indonesia menyelenggarakan Gerakan Sekolah/Madrasah Menulis Buku (GSMB/GMMB) pada hari Sabtu, (4/9) di MTsN 2 Wonosobo.

Menurut Yatiman selaku Kepala Madrasah saat menyambut kunjungan tim Nyalanesia Indonesia ke Madrasah mengatakan, gerakan tersebut penting untuk menanamkan kegemaran siswa dan guru menulis,

“kegemaran menulis harus ditanamkan pada siswa sejak dini, agar kegiatan literasi bisa berhasil dengan baik, juga dalam rangka mewujudkan literasi menjadi bagian dari karakter siswa. Disisi lain keberadaan MTs Negeri 2 Wonosobo sebagai madrasah unggulan penyelenggara Riset, tentu kemampuan menuangkan hasil penelitian dalam bentuk tulisan merupakan suatu keharusan,” kata Yatiman.

Dalam kesempatan itu pimpinan Nyalanesia Indonesia, Nurdin, sempat memberikan kenang-kenangan beberapa buku kepada kepala perpustakaan MTs Negeri 2 Wonosobo, Salimah, untuk koleksi di perpustakaan madrasah. Sembari memberikan buku tersebut, Nurdin, menyampaikan pentingnya siswa untuk memulai menulis baik itu puisi, cerpen dan lainnya,

“jika siswa dan guru memiliki komitmen yang kuat serta semangat dan ketekunan untuk berkarya maka aka nada sebuah karya tulis yang diciptakannya. Nyalanesia akan mendampingi dan memotivasi siswa maupun guru untuk membiasakan menulis,” tandasnya.

Selanjutnya saat ditemui diruangnnya, Salimah, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pemberian buku sebagai tambahan koleksi perpustakaan, “semoga usaha dan kerjasama ini akan berjalan dan berhasil, agar kegiatan literasi dimadrasah semakin baik,” kata Salimah.

Mengetahui adanya kerjasama tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, mengapresiasi gebrakan Madrasah untuk meningkatkan minat baca dan menulis bagi jajaran dan siswanya.

Ia berharap dengan adanyanya semangat berkarya, siswa maupun guru akan terus mengembangkan ilmu dan kompetensinya, “semangat berkarya diharap juga mampu memberikan kontribusi untuk dunia. Kami persilahkan bagi siswa maupun guru madrasah yang tulisannya baik itu opini, artikel, maupun berita, yang ingin dipublikasi melalui website kemenag untuk dikirim ke Kankemenag Kab. Wonosobo melalui Humas dan tim media center Kemenag Wonosobo,” kata Farid. Ps-ws